Cegah Penularan Virus Covid -19, Dinas Pendidikan Rohul Meniadakan Pengumuman UN

Cegah Penularan Virus Covid -19, Dinas Pendidikan Rohul Meniadakan Pengumuman UN 2
Drs H Ibnu Ulya MSi selaku Kadisdikpora Kabupaten Rokan Hulu

ROHUL,lintasbarometer.com

Menindaklanjuti Surat Edaran Bupati Rokan Hulu Nomor: 443/SETDA-DISDIKPORA/82. 05, tentang layanan penyelenggaraan pendidikan dalam rangka pencegahan penularan / penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19), Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga (Kadisdikpora) meniadakan pengumuman Ujian Nasional tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini lantaran batalnya Ujian Nasional (UN) hingga keikutsertaan UN tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi, Demikian disampaikan Drs H Ibnu Ulya MSi selaku Kadisdikpora Kabupaten Rokan Hulu, Senin (06/04/2020).

” Ujian Sekolah dan Ujian Semester genap untuk Kelas 6 SD dan Kelas 9 SLTP ditiadakan. Untuk nilai rapor diambil dari nilai portofolio, penugasan, ulangan harian dan ujian tengah semester pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020 tanpa perlu mengukur ketuntasan capaian kurikulum secara menyeluruh,” jelasnya sesuai surat edaran yang dikeluarkan Kadisdikpora yang di teruskan keseluruh kepala sekolah SD dan SLTP se-kabupaten Rokan Hulu,

Sedangkan untuk Nilai Akhir siswa Kelas 6 SD dan Kelas 9 SLTP diambil dari rata-rata nilai rapor 6 (enam) semester terakhir (Nilai rapor Kelas 4, 5 dan 6 untuk SD atau Kelas 7,8 dan 9 untuk SLTP.

Untuk Kelulusan SD dan SLTP ditentukan berdasarkan beberapa kategori sebagai berikut :

1. Siswa Kelas 6 SD dan Kelas 9 SLTP terdaftar pada Daftar Nominasi Tetap (DNT) Ujian Nasional SD/SLTP tahun pelajaran 2019/2020.

2. Masih aktif sampai akhir tahun pelajaran 2019/2020 sebagai siswa Kelas 6 SD dan Kelas 9 SLTP

3. Memiliki nilai kepribadian minimal BAIK.

Sedangkan untuk kenaikan kelas dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut :

1. Ujian semester untuk Kenaikan Kelas I sampai kelas 5 SD dan Kelas 7 dan 8 SLTP dalam bentuk tes dengan tidak mengumpulkan siswa.

2. Nilai Ujian Semester Genap untuk Kenaikan Kelas I sampai kelas 5 SD dan Kelas 7 dan 8 SLTP diambil dari nilai portofolio, penugasan, ulangan harian dan ujian tengah semester pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020.

3. Jadwal Kenaikan Kelas dan Libur Semester Genap masih mengacu pada Kalender Pendidikan Rokan Hulu tahun pelajaran 2019/2020 kecuali ada perubahan akan diberitahukan kepada seluruh peserta didik dikemudian. (H.nst/AWI)

Cegah Penularan Virus Covid -19, Dinas Pendidikan Rohul Meniadakan Pengumuman UN 3