Terkait COVID – 19 : LSM PENJARA Tegaskan CSR Perusahaan Belum Optimal

Terkait COVID - 19 : LSM PENJARA Tegaskan CSR Perusahaan Belum Optimal 2

BENGKALIS,lintasbarometer.com

Terkait COVID – 19, penyaluran dana Corporate Social Responsibility (CSR) setiap Perusahaan yang ada di Kecamatan Bukit Batu belum ada yang optimal. Demikian diungkapkan Pembina DPC LSM PENJARA Kabupaten Bengkalis, Zulfan Mahendra di kediamannya Sabtu, 04 April 2020.

Adapun pernyataan pria lulusan Strata 2 (S2) bergelar master tersebut cukup beralasan, yang mana menurut Zulfan, penyaluran CSR perusahaan di Kecamatan Bukit Batu yang salah satunya adalah PT. Pertamina (Persero) RU II Sungai Pakning baru sebatas bantuan untuk mengantisipasi COVID – 19, yaitu hanya berupa masker, APD dll yang diserahkan kepada Puskesmas. Padahal sebagaimana kita ketahui, wabah COVID – 19 ini berdampak luas kepada masyarakat, ujar Zulfan.

Selanjutnya, Zulfan mengatakan, salah satu dampak kepada masyarakat atas mewabahnya virus Corona ini adalah dampak sosial. Yang mana dampak sosial tersebut berupa penurunan daya beli masyarakat karena penghasilan yang berkurang. Hal ini mengakibatkan terjadinya perubahan dalam tatanan kehidupan sosial masyarakat di Kecamatan Bukit Batu ke arah yang menurun, ujar Zulfan menegaskan.

Ditambah lagi dengan diberlakukannya kebijakan social distancing area yang mengharuskan masyarakat mengurangi aktifitas di luar rumah dan membatasi diri dalam berinteraksi, mengakibatkan masyarakat yang bekerja sebagai buruh harian, pedagang di pasar tradisional, tukang ojek dll yang bekerja mencari nafkah setiap hari menjadi minim pendapatan.

Di samping itu, Zulfan menilai CSR yg disalurkan oleh perusahaan swasta di Kecamatan Bukit Batu tidak terarah dan belum tepat sasaran. Dengan kondisi ekonomi yang sedang lesu saat ini sudah semestinya perusahaan ikut terlibat dalam mengatasinya bukan sekedar mencari keuntungan untuk corporate semata, ujar Zulfan menambahkan.

Atas dasar hal tersebut, Zulfan menegaskan bahwa perlu perhatian dari semua perusahaan terutama PT. Pertamina (Persero) RU II Sungai Pakning sebagai salah satu perusahaan besar negara untuk mengatasi dampak sosial yang ditimbulkan oleh COVID – 19.

Salah satu upaya dalam mengatasi dampak sosial tersebut adalah dengan memberikan bantuan sembako kepada masyarakat yang kurang mampu, ucap Zulfan.

“Kami menegaskan, PT. Pertamina (Persero) RU II Sungai Pakning dan  perusahaan lainnya yang beroperasi di wilayah Kecamatan Bukit Batu harus segera memgalokasikan anggaran CSR nya untuk membantu memberikan sembako kepada masyarakat kurang mampu,

Karena CSR itu tidak harus menunggu proposal yang masuk dari masyarakat saja baru bisa dialokasikan. Akan tetapi harus dikelola sedemikian rupa dengan cara yang profesional untuk kepentingan dan kemajuan perekonomian masyarakat yang berkesinambungan, tegas Zulfan mengakhiri.(jon)

Terkait COVID - 19 : LSM PENJARA Tegaskan CSR Perusahaan Belum Optimal 3