Bupati Pastikan Stok Ketersedian Beras Masih Cukup Ditengah Pandemi Virus Covid-19

Bupati Pastikan Stok Ketersedian Beras Masih Cukup  Ditengah Pandemi Virus Covid-19 2

ROHUL,lintasbarometer.com

Guna memastikan ketersediaan beras terkait merebaknya Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Bupati Rokan Hulu (Rohul) H Sukiman bersama Forkompinda Rohul, tinjau Gudang Bulog Batas, Desa Batas, Kecamatan Tambusai, Rohul, Jumat (3/4/2020) pagi.

Bupati Sukiman langsung melihat gudang Bulog, didampingi Kapolres Rohul AKBP Dasmin Ginting SIK, Kajari Rohul Ivan Damanik SH, Kadis Kominfo Rohul Drs Yusmar MSi, Kadis DTPH Rohul Mubrizal SP MMA, Kadis DKPP Barikun SP, Sekretaris Dinsos P3A Rohul April Liyadi dan Kacab Pembantu Bulog Kampar membawahi Kampar-Rohul Sukawi.

Bupati Rohul H Sukiman kepada wartawan Jumat (3/4/2020) mengatakan, peninjauan dilakukan guna memastikan ketersediaan bahan pangan terutama beras. Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan akibat dampak virus corona, maka stok beras masih mencukupi dan memadai.

“Tinjauan kita lakukan bersama Forkompinda, Kepala OPD untuk memastikan ketersediaan stok beras. Dipastikan ketersediaan stok beras cukup hingga 6 bulan ke depan yang diperuntukan bagi masyarakat Rohul,” terang Sukiman

Bupati juga mengakui, Pemerintah menjamin beras yang ada di Rohul dan cukup untuk kebutuhan enam bulan ke depan. Karena stok beras di gudang Bulog Batas tersedia 875.362 ton, sementara di gedung Bulog Tandun ada 1.400 ton.

“Stok beras kita aman sampai bulan enam kedepan. Berdasarkan kalkulasi stock beras di Gudang Bulog Batas 875.362 ton dan di gudang Tandun 1.400 ton. Sedangkan hasil produksi beras pertanian baik beras padi sawah maupun beras darat (gogo) capai 24.277 ton,” jelas Bupati lagi.

“Untuk ketersediaan beras di tingkat distributor pedagang beras Rohul capai 6.300 ton, sehingga total persediaan beras kita saat ini capai 32.852 ton, kemudian kebutuhan Januari sampai Maret ada 18.714 ton, sehingga kita surplus beras 14.138 ton,” ungkap Bupati Sukiman

Selain ketersediaan beras, Bupati Sukiman juga mengaku untuk kebutuhan sembako lainnya juga masih berjalan normal. Karena Pemkab Rohul juga memberdayakan kebutuhan masyarakat di sektor Peternakan, Perikanan guna memenuhi kebutuhan pokok masyarakat lainnya.

“Terkait kebutuhan sembako lainnya, kita juga masih aman. Karena kita berdayakan masyarakat di bidang pertanian, peternakan dan perikanan. Mari dukung dan jaga bersama, Insyaallah masyarakat kita tidak akan kekurangan pangan dan kebutuhan pokok,” jelas Sukiman

Bupati H Sukiman juga mengimbau ke masyarakat agar tidak khawatir dan panik karena kekurangan stok beras, untuk kebutuhan beras di Rohul masih aman dan cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Masyarakat jangan panik dan tidak perlu membeli dalam jumlah yang banyak, belilah sesuai dengan kebutuhan kita,” imbaunya.

Bupati Sukiman meminta ke masyarakat jangan mudah termakan dengan isu yang belum pasti kebenarannya, bahwa kekurangan pangan khususnya beras di Rohul itu merupakan berita bohong yang tidak mendasar.

“Pemerintah daerah bersama Kepolisian, TNI, Kejaksaan, OPD semua bersama-sama. Kita menyiapkan logistiknya untuk kepentingan masyarakat. Terkait pencegahan Corona, sekali lagi berharap kepada masyarakat untuk tenang, disiplin dan taat anjuran Pemerintah. Kemudian tidak boleh kumpul di keramaian, kemudian juga jaga jarak, jaga kesehatan, cuci tangan dan lainnya, semuanya dilakukan perlu kesadaran untuk mau menjalankan imbauan Pemerintah,” ucap Bupati Sukiman. (H.nst)

Bupati Pastikan Stok Ketersedian Beras Masih Cukup  Ditengah Pandemi Virus Covid-19 3