Jokowi Perintahkan Tito Tegur Kepala Daerah yang Blokir Wilayah

banner 468x60

JAKARTA,lintasbarometer.com

banner 336x280

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memerintahkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menegur secara tegas kepala daerah yang memblokir jalan karena wabah Corona. “Saya harapkan Mendagri tegur kepala daerah yang memblokir jalannya di daerah agar urusan distribusi logistik tidak terganggu,” ujar Jokowi saat membuka rapat terbatas lewat video conference dari Istana Kepresidenan, Bogor pada Kamis, 2 April 2020.

Jokowi mengaku mendapat laporan ada dua daerah yang ditutup sehingga mengganggu pasokan barang. “Distribusi beras terganggu karena jalan ditutup. Tolong kepala daerah diberitahu ini.”

Jokowi meminta para menterinya memastikan distribusi logistik lancar sehingga kebutuhan bahan makanan pokok masyarakat terjamin kesediaannya menjelang bulan Ramadan.

Presiden juga berjanji harga bahan makanan pokok akan kembali stabil menjelang bulan Ramadan. Terutama, harga gula dan bawang putih yang dalam sebulan belakangan ini naik tajam.

Menteri Pertanian menjanjikan kepada Jokowi, akan turun ke kondisi normal yakni Rp12.500 per kilogram pada pekan depan. Bawang beberapa juga sudah masuk. “Kita harapkan bawang putih, minggu depan atau syukur minggu ini kembali normal di harga Rp20-30 ribu per kilogram,” ujar Jokowi.

Saat ini, harga gula di pasaran berkisar pada harga Rp 18.450. Harga bawang merah juga naik per kilonya menjadi Rp 40.700 per kilogram. Bawang putih dalam negeri harganya juga Rp 45 ribu per kilogram. (Tempo/ Lbr)

banner 336x280