Ribuan TKI dari Malaysia Bakal Dipulangkan, Riau Bersiap Antisipasi Corona

Pekanbaru3847 Dilihat
banner 468x60

PEKANBARU, lintasbarometer.com

banner 336x280

Ribuan TKI (Tenaga Kerja Indonesia) yang ada di Malaysia akan kembali ke Indonesia. Provinsi Riau akan menjadi pintu masuk para pekerja dari negara yang kini sedang lockdown corona.

Gubernur Riau, Syamsuar mengatakan, para TKI itu akan masuk ke Indonesia melalui Pelabuhan Kota Dumai. Terkait hal tersebut, Pemprov Riau bersiap untuk mengantisipasi menyebaran virus corona.

“Mereka akan diangkut dengan menggunakan kapal. Akan ada 200 sampai 300 orang perharinya datang dari Malaysia. Malaysia merupakan pendemi corona. Disana sudah 1.600 orang lebih positif corona. Jadi kita harus hati hati,” kata Syamsuar Rabu (25/3/2020) usai mengelar rapat di Gedung Daerah Provisi Riau.

Untuk mengantipasi penyebaran virus corona dari warga Indonesia yang selama ini tinggal di Malaysia, Pemeritah Provinsi Riau dan Pemkot Dumai menyiapkan petugasnya disana. Bagi mereka yang memiliki gejala corona, langsung diisolasi.

Syamsuar mengatakan, ada tiga opsi Pelabuhan Malaysia yang menjadi gelombang pemulangan TKI yakni Pelabuhan Muar, Pelabuhan Johor dan Pelabuhan Kukup. Terkait teknis pemulangan TKI, Pemprov Riau sudah melakukan kordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri.

“Apabila nanti suhu tubuh mereka setelah dicek 38 derajat langsung dikarantina. Bagi yang dibawa 38 derajat akan diberi kartu HAC atau kartu tanda sudah diperiksa kesehatannya,” imbuh mantan Bupati Siak dua priode ini.

Mengenai waktu, Syamsuar menyebut belum bisa memastikannya. “Kita koordinasi Pemkot Dumai. Jika mereka sudah siap, mungkin besok sudah dimulai pemulangan,” imbuhnya.

Dia mengatakan, bahwa yang akan pulang dari Malaysia bukan asal Riau tapi dari banyak daerah.

“Mereka nanti ada yang pulang ke Sumatera Barat, Sumatera Utara dan daerah lainnya,” tegasnya. (Okzon/lbr)

banner 336x280