Andalkan Dana Tak Terduga Rp11 Miliar, Gubri Sebut Tak Perlu Risau dengan Anggaran Penanganan Corona

Andalkan Dana Tak Terduga Rp11 Miliar, Gubri Sebut Tak Perlu Risau dengan Anggaran Penanganan Corona 2

PEKANBARU, lintasbarometer.com

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menegaskan anggaran untuk penanganan dan antisipasi virus Corona (Covid-19) di provinsi Riau tidak masalah.

Bahkan Gubri siap menggunakan Dana Tak Terduga (DTT) jika optimalisasi kegiatan untuk penanganan Covid-19 tidak tercover.

“Untuk masalah dana tidak usah dirisaukan. Karena kita ada Rp11 miliar lebih (DTT),” kata Gubri Syamsuar usai video conference di kediaman dinas Gubernur Riau, jalan Dipenegoro Pekanbaru, Rabu (18/3/2020).

Ia menyebutkan, penggunaan anggaran ABPN maupun APBD untuk penanganan penyebaran Covid-19 di daerah sudah ada petunjuk dari Menteri Keuangan, Mendagri dan Menpan-RB.

“Jadi tidak ada masalah untuk anggaran. Karena itu sudah tanggung jawab pemerintah pusat dana daerah untuk penanganan Covid-19. Jadi soal dana jangan risau, biar kami yang menyelesaikannya,” ujarnya.

Menurutnya sudah ada petunjuk soal penggunaan anggaran penanganan virus Corona. Dan Pemprov Riau selaku perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah akan menjalankan petunjuk itu.

“Apapun kebijakan Presiden, hari ini kita taati dan akan menjadi bahan kita dalam penanganan penyebaran virus Corona di daerah,” ungkapnya.

Karena itu, Gubri meminta kepada OPD Pemprov Riau untuk menstop kegiatan yang sifatnya tidak urgen dan penting, serta dapat memanfaatkan sumber daya yang ada.

“Pada intinya Riau siap menggunkan APBD dan DTT untuk penanganan Corona di Riau,” pungkasnya. (CLH/ Lbr)

Andalkan Dana Tak Terduga Rp11 Miliar, Gubri Sebut Tak Perlu Risau dengan Anggaran Penanganan Corona 3