MTQ Bathin Solapan: “Gemar Membaca Alquran Merajut Kebaikan, Kedamaian dan Kebersamaan”

MTQ Bathin Solapan: "Gemar Membaca Alquran Merajut Kebaikan, Kedamaian dan Kebersamaan" 2

BENGKALIS, lintasbarometer.com

Musabaqah Tilawatil Quran bertujuan untuk memelihara, mengembangkan, dan meningkatkan pengetahuan, pemahaman, penghayatan, pengamalan, dan penyebarluasan Alquran dan Hadist, serta menjadikan Alquran dan Hadist sebagai spirit pembangunan nasional berdasarkan pendekatan agama. Di beberapa kecamatan di Kabupaten Bengkalis saat ini pun sedang menggelar acara yang memiliki manfaat sosial, agama, dan kultural tersebut, salah satu diantaranya adalah di Bathin Solapan.

MTQ ke – III tingkat Kecamatan Bathin Solapan ini di gelar di lapangan Kantor Desa Simpang Padang dengan mengusung tema “Gemar Membaca Alquran Merajut Kebaikan, Kedamaian dan Kebersamaan, dalam Mewujudkan Bathin Solapan yang Ihsan”, pada Minggu (15/03/2020).

Wakil Ketua DPRD Kaderismanto, beserta anggota Hendri, H. Arianto, Al Azmi, Syafroni Untung, Sugianto, Rianto, Al-Azmi, Zuhandi, Simon Lumban Gaol, Nanang Haryanto dan Sanusi turut memeriahkan acara syiar islam tersebut.

Plh Bupati Bustami HY Bengkalis dalam sambutannya mengatakan, MTQ merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun dalam rangka menjaring para Qori dan Qori’ah yang selanjutnya akan mengikuti MTQ di tingkat Kabupaten dan naik ke tingkat Provinsi.

“Kegiatan ini bukan hanya sekedar seremonial atau bahkan pelaksanaan program santri tahun akhir semata. MTQ merupakan momentum yang tepat untuk menumbuhkan kembali semangat keislaman dan semangat persatuan umat islam yang saat ini sedang mengalami masa krisis, di mana Alquran hanya sebatas ditenggorokan, belum menyentuh qalbu,” katanya.

Sementara itu, Wakil ketua Kaderismanto mengharapkan agar ajang MTQ ini dapat dijadikan momentum dalam beribadah dan diharapkan masyarakat dapat menerapkan isi dan makna Alquran dalam kehidupan sehari-hari. Serta bisa bersinergi dengan program Pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk menerapkan Maghrib mengaji, dan bagi peserta MTQ yang berprestasi mendapat juara kedepannya dipersiapkan ke tingkat Kabupaten, Provinsi dan Internasional.

“Kita juga berharap dewan juri yang sudah Profesional menjadikan MTQ ini sebagai hal yang dibanggakan dan bersikap arif, bijak dan memberikan yang terbaik untuk negeri kita,” Ucapnya. (Hendrik hs/hms)

MTQ Bathin Solapan: "Gemar Membaca Alquran Merajut Kebaikan, Kedamaian dan Kebersamaan" 3