Bupati Tutup MTQ Ke-43 Desa Sungai Kumango

Bupati Tutup MTQ Ke-43 Desa Sungai Kumango 2

ROHUL, lintasbarometer.com

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Desa Sungai Kumango, Kec. Tambusai resmi ditutup oleh Bupati Rokan Hulu H. Sukiman, pada Selasa (10/03/2020) malam, di Gedung Serbaguna Sapangambe Desa Kumango, sekaligus juga memperingati Hari Lahir Desa Kumango Ke-43 ditahun 2020.

Hadir juga dalam acara tersebut Pejabat Eselon II dilingkungan Pemkab Rohul seperti Kepala Diskominfo Rohul Drs. Yusmar, M.Si, Kepala Badan Kesbangpol Rohul Musri, S.Sos, Camat Tambusai Muammar Ghadafi, S.Sos, Kepala Desa Kumango Ali Usin Hasibuan, Kapolsek Tambusai, Pimpinan Surau Suluk Kuala Tambusai Syekh Khoirul Saleh, para Raja-raja Adat Huta (Dusun), Tokoh Adat dan Ulama di Desa Sungai Kumango.

Penutupan MTQ tingkat Desa Sungai Kumango Ke 3 (tiga) ini sekaligus menjadi Puncak akhir kegiatan lomba seni baca Al-Qur’an yang dimulai sejak 8 s/d 10 Maret 2020, sedangkan rangkaian acara terkait Harlades, telah dimulai sejak tanggal 5 Maret 2020 dan puncak peringatan Hari Ulang Tahun Desa (Harlades) Sei. Kumango Ke-43 yaitu pada Jum’at (13/03/2020) kedepan.

Kepala Desa Sungai Kumango Ali Usin Hsb dalam Pidato sambutannya mengucapkan terima Kasih Banyak atas kehadiran Bupati Rokan Hulu H. Sukiman beserta rombongan, ini sangat spesial telah hadir dalam acara MTQ di tingkat desa, perhatian Bupati Rokan Hulu saat ini benar-benar sampai ke pelosok-pelosok desa.

“Ucapan terima kasih kami untuk kesekian kalinya kepada Bupati Rokan Hulu, yang telah hadir pada MTQ tingkat Desa di Sungai Kumango, Kec. Tambusai, ini sekaligus sebagai apresiasi beliau terhadap hari lahir Desa Sungai Kumango Ke-43 ditahun 2020 ini” Ujar Kepala Desa yang juga cucu dari Opung Mahidin Hsb (salah satu pendiri Desa Sungai Kumango).

Dalam kesempatan itu juga Kades Sungai Kumango, menjelaskan secara singkat sejarah lahirnya Desa yang berbatasan dengan Desa Tambusai Barat dimulai sejak era tahun 70 an yang dipimpin oleh Mahidin Hasibuan (almarhum), dilanjutkan dengan kepemimpinan Wali Regen Hasibuan,

hingga ke Wali Tamam Hasibuan dan pada waktu itu juga perjuangan pembentukan Desa Sungai Kumango dimulai sejak adanya Napak Tilas perjalanan dari SMP menuju ke Medan Sumatera Utara hingga Mondang yang lebih dikenal pada saat itu menjadi Desa  dengan nama awalnya yaitu Desa Mondang Kumango dan dalam perkembangannya berganti nama menjadi Desa Sungai Kumango.

Sementara itu Bupati Rokan Hulu H. Sukiman dalam sambutannya menyampaikan bahwa mengapresiasi penuh kegiatan yang dilaksanakan dimulai dari Kegiatan MTQ tingkat desa serta acara Harlades Sei. Kumango, terbukti masyarakat yang menghadiri cukup ramai hingga memenuhi gedung serbaguna Sapangambe. Ia berharap melalui MTQ ini bisa melahirkan generasi yang qurani.

“Selain mengapresiasi kegiatan MTQ tingkat Desa Kumango ke-3, saya juga mengucapkan selamat dan sukses atas hari  lahirnya Desa Sungai Kumango, yang akan diperingati pada Jum’at tanggal 13 Maret 2020 esok,” ujar Bupati Rokan Hulu yang juga mendapatkan gelar/Marga Nasution ini.

Diakhir acara Bupati Rokan Hulu secara resmi menutup kegiatan MTQ tingkat Desa Sungai Kumango Ke-43 Tahun 2020 dan juga disuguhkan dengan penampilan Syair oleh peserta MTQ yang menjadi Juara dan Terbaik di kategorinya masing-masing dan diperdengarkan di hadapan ribuan masyarakat yang hadir. (H.nst)

Bupati Tutup MTQ Ke-43 Desa Sungai Kumango 3