Pj Sekda Buka Simulasi Uji Kemahiran Bahasa Indonesia

banner 468x60

SIAK, lintasbarometer.com

banner 336x280

Pejabat(Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Jamaluddin membuka kegiatan Sosialisasi dan Simulasi Uji kemahiran berbahasa Indonesia bagi pejabat daerah di Kabupaten Siak.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Grand Royal Siak, Selasa(10/3/2020). Kegiatan tersebut ditaja oleh Balai Bahasa Riau (BBR), dengan diikuti Sebanyak kurang lebih 50 peserta dari kalangan ASN.

Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) merupakan sarana uji untuk mengukur kemahiran seseorang dalam berbahasa Indonesia lisan dan tulis.

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Jamaluddin menjelaskan bahwa acara ini sangat penting dilaksanakan, agar kalangan ASN/PNS dan pejabat daerah bisa dengan tertib untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Baik dalam pengucapan dan komunikasi lisan, dan benar dalam penulisan.

“allahamdulillah hari ini Balai Bahasa Riau mengadakan Sosialisasi dan Simulasi Uji kemahiran berbahasa Indonesia bagi ASN, tentunya Pegawai Pemerintah harus menjadi teladan dalam berbahasa Indonesia,apa lagi dalam menulis surat maupun dokumen”, jelas Jamal.

Kepala BBR yang juga penanggung jawab tes UKBI, Songgo A Siruah menjelaskan, acara sosialisasi ini bertujuan untuk mengukur seberapa mahir seseorang dalam ragam lisan dan tulisan melalui UKBI.

Dia juga menuturkan bahwa ada standar kemahiran berbahasa Indonesia yang sudah diatur dalam Permendikbud Nomor 70 Tahun 2016.

“Jadi sudah jelas bahwa kemahiran berbahasa Indonesia ini sangat penting. Pejabat dan ASN sebagai pamong masyarakat harus menjadi contoh yang baik dalam hal ini”,  tutup Songgo. (Dar)

banner 336x280