KPU Riau Hadiri Bimtek SILON di Sumut

KPU Riau Hadiri Bimtek SILON di Sumut 2

PEKANBARU, lintasbarometer.com

KPU Provinsi Riau menghadiri Bimtek Pencalonan yang diselenggarakan KPU RI di Sumatera Utara. Sebagaimana diketahui, sejauh ini KPU di seluruh Indonesia telah menyelesaikan tahapan penyerahan syarat dukungan minimal bakal calon perseorangan.

Dalam pertemuan itu, Ketua KPU RI Arif Budiman menyampaikan bahwa KPU adalah lembaga negara yang cukup besar di negara ini. Karena itu, Arif Budiman meminta agar para komisioner baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk senantiasa melakukan kerja terbaik.

“Yang pertama adalah membangun transparansi pemilihan, salah satunya dengan melahirkan aplikasi sistem informasi seperti SILON yang dapat diakses publik, sekaligus memudahkan cara kerja baik bagi para pemangku kepentingan seperti para calon maupun instansi lain seperti Bawaslu, serta tentu saja bagi KPU itu sendiri,” kata Arief

Selain itu Arief juga meminta KPU menjaga integritas dan profesional.

Sementara itu, Komisioner Divisi Teknis KPU Riau, Joni Suhaidi yang menghadiri kegiatan tersebut menyebutkan, Bimtek ini adalah untuk memperkuat pemahaman anggota KPU Provinsi Divisi Tekhnis se-Indonesia terkait PKPU No.1 tahun 2020 tentang perubahan PKPU tahun 3 tahun 2017, PKPU 15 tahun 2017, dan PKPU 18 tahun 2018 tentang Pencalonan.

“Bimtek di Simalungun juga membentangkan analisis potensi gugatan terhadap status ditolak Bacalon dalam penyerahan dan pengecekan Dukungan-Sebaran perseorangan di beberapa daerah yang terdapat Bakal Calon perseorangan serta sinkronisasi pemahaman regulasi pencalonan bersama Bawaslu RI,” kata Joni.

Joni Suhaidi menambahkan, setelah mengikuti Bimtek ini, KPU Riau akan menindaklanjutinya dengan melaksanakan Bimtek Pencalonan di Provinsi Riau. KPU Riau akan mengundang divisi Tehnis KPU Kab/Kota se-Riau dan operator SILON untuk menyamakan persepsi serta menyampaikan arahan strategis lainnya pada pertengahan Maret 2020.

Dengan demikian KPU di 9 Kabupaten dan Kota di Riau akan lebih matang dalam menghadapi tahapan Pencalonan pada pemilihan 2020. (CL / Lbr)

KPU Riau Hadiri Bimtek SILON di Sumut 3