Pemko Pekanbaru Gelar Asessement Pejabat Esselon, Tiga Posisi Ini Disebut-sebut Bakal Dilelang

Pemko Pekanbaru Gelar Asessement Pejabat Esselon, Tiga Posisi Ini Disebut-sebut Bakal Dilelang 2

PEKANBARU, lintasbarometer.com

Seluruh jabatan dilingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, bakal dilelang pada April mendatang.

Walikota Pekanbaru, Firdaus mengatakan, pelaksanaan lelang jabatan itu akan segera dilaksanakan melalui assesment yang berlangsung pertengahan April hingga Mei.

Lelang itu dilakukan untuk mengevaluasi kinerja masing-masing pegawai disetiap jabatan. Lelang jabatan itu tidak hanya diperuntukkan untuk mengisi kekosongan, tapi dikatakannya seluruh jabatan eselon akan ikut dilakukan assesment.

“Iya akan dilakukan assesment dan tim sudah kita bentuk. Assesment mulai dari Sekda, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD dan jabatan kosong akan dilakukan. Jadi bisa nanti rotasi, promosi maupun demosi sesuai rekomendasi hasil tim assesment,” kata Firdaus, Jumat (6/3/2020).

Menurutnya, evaluasi yang akan dilakukannya sudah sesuai aturan. Karena beberapa pejabat esellon di periode kedua dirinya memimpin bersama Wakil Walikota Ayat Cahyadi, sudah lebih dari dua tahun menjabat.

Artinya, evaluasi kinerja sudah harus dilakukan untuk melihat bagaimana progres dari jabatan tersebut.

“Kecuali yang baru dilantik akhir tahun lalu, mereka baru menjabat. Namun tetap kita evaluasi kinerjanya,” jelas Firdaus.

Diterangkannya, akan ada tiga penilaian dari tim asesor yang dibentuk. Yang pertama adalah mereka memiliki prestasi baik dan layak melanjutkan di OPD teknis yang sedang dipimpin. Kedua, kinerja bagus tapi akan lebih baik bila dirotasi di kelompok yang dianggap asesor cocok alias rotasi.

Untuk yang ketiga, penilaian kurang baik sesuai rekomendasi dan perlu upgrading sementara akan diistirahatkan.

Setelah mereka melewati assesment, dan tiga penilaian tersebut keluar, dikatakan Firdaus, pihaknya akan memberikan informasi ke komisi KSN guna menindaklanjuti rekomendasi tersebut. sementara itu, jika pada saat assesmnet awal masih ada yang kosong atau belum layak, maka akan dibuka kembali assesmnet sesuai izin Komisi KSN.

Jadi, diperkirakan pertengahan tahun seluruh OPD sudah terisi entah orang baru atau stok lama,” terangnya.

Ditambahkannya, dirinya sebagai kepala daerah berkeinginan dan berorientasi bagaimana supaya jajarannya dapat berinovasi membantunya sebagai pemegang amanat melayani masyarakat Pekanbaru, dan bagaimana menjalankan fungsi-fungsi pemerintahan serta tantangan yang berat. (R24/ Lbr)

Pemko Pekanbaru Gelar Asessement Pejabat Esselon, Tiga Posisi Ini Disebut-sebut Bakal Dilelang 3