Maraknya Gepeng di Kota Pekanbaru Resahkan Warga

Maraknya Gepeng di Kota Pekanbaru Resahkan Warga 2

PEKANBARU, lintasbarometer.com

Semakin maraknya bermunculan pengamen, gembel dan pengemis (gepeng), di sejumlah persimpangan lampu lalulintas di Kota Pekanbaru. Bahkan, Gepeng juga mulai memasuki ke beberapa kedai-kedai kopi yang ada di Pekanbaru.

Untuk itu, perlunya pegawasan dan penertiban yang dilakukan oleh Dinas Sosial dan Satpol PP Kota Pekanbaru. Pasalnya, kehadiran gepeng terutama disinyalir banyak berasal dari daerah luar Pekanbaru, bahkan ada juga yang terorganisir.

Untuk itu, sudah seharusnya Pemerintah Daerah dalam hal ini OPD terkait segera melakukan tindakan demi menciptakan ketertiban umum.

“Fenomena pengamen, gembel dan pengemis (gepeng) merupakan fenomena yang terjadi setiap tahunnya. Gepeng tidak akan bisa ditertibkan selagi masih banyak warga yang memberi sumbangan kepada Gepeng di jalanan,” ujar Kabid Sosial Dinas Sosial Kota Pekanbaru, Bustami.

Ia mengatakan, dalam pertemuan dan kesempatan, Dinas Sosial sudah sering menyampaikan kepada pihak Satpol PP untuk melakukan penertiban, namun hingga kini usulan ini belum juga dikabulkan, padahal Gepeng tersebut setiap hari terus berdatangan dan harus ada upaya penertiban oleh Satpol PP.

“Penertiban gelandangan itu menjadi kewenangan Satpol PP, sedangkan Dinsos menindaklanjuti berupa pembinaan dan selanjutnya mereka diarahkan untuk mendapatkan  pembinaan dan pelatihan,” ujarnya.

Kabid Ops Satpol PP Pekanbaru Desheriyanto mengungkapkan terus melakukan penertiban kepada gepeng di persimpangan lampu lalulintas di kota pekanbaru. Bahkan, ketika dilakukan penertiban Gepeng kucing-kucingan dengan petugas.

“Kita tiap hari melakukan penertiban kepada Gepeng dan terus berkoordinasi dengan Dinas Sosial. Namun setelah dilakukan penertiban keberadaan Gepeng. Bahkan Gepeng juga kucing-kucingan dengan petugas yang hendak melakukan penertiban,”terangnya. (Mcr/Darwin/Lbr)

Maraknya Gepeng di Kota Pekanbaru Resahkan Warga 3