Upacara Apel Siaga Karhutla di Bengkalis Dihadiri Beberpa Instansi Terkait

Bengkalis, Umum14247 Dilihat
banner 468x60

BENGKALIS, lintasbarometer.com

banner 336x280

Sekretaris Daerah Kab. Bengkalis H. Bustami Hy bersama instansi terkait di antaranya TNI, Polri, BPBD, Damkar pihak perusahaan serta Mahasiswa dan para pelajar, melaksanakan upacara Apel Siaga Karhutla di Lapangan Tugu Bengkalis, Senin 2 Maret 2020.

Apel siaga darurat bencana kabut asap tersebut akibat kebakaran hutan dan lahan di Kab. Bengkalis serta menindaklanjuti amanat presiden RI tentang penanggulangan bencana asap dalam wilayah Indonesia.

“Segera menyusun rencana kontijensi termasuk menyediakan sarana dan prasarana, penanggulangan bencana harus dilaksanakan dengan pendekatan, kolaboratif, yaitu kolaborasi antar unsur pemerintah,. Akademisi, peneliti, dunia usaha, masyarakat serta dukungan media untuk dapat menyampaikan pemberitaan kepada masyarakat,” ungkap Sekda Bustami Hy.

Menurut Sekda, pemerintah pusat dan daerah harus meningkatkan kepemimpinan dan pengembangan sumber daya manusia yang handal dalam penanggulangan bencana.

Dalam hal ini, lanjut Sekda, TNI Polri agar turut serta dalam mendukung upaya penanggulangan bencana termasuk penegakan hukumnya.

“Apel siaga ini merupakan suatu bentuk kesiagaan dalam menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan di Kab. Bengkalis sebagai gambaran, pada tahun 2019. Jumlah kebakaran hutan yang terjadi di Kab. Bengkalis sebanyak 192 kejadian dengan luas lahan 1.375 hektar,” ungkap Sekda lagi.

Usai apel dilanjutkan dengan penandatanganan antara, Pemkab Bengkalis, TNI Polri, pihak perusahaan dan para camat se Kabupaten Bengkalis.

Di samping itu, pelaksanaan upacara acara apel siaga Karhutla dan melakukan penandatanganan. Sekda Bengkalis Bustami beserta rombongan langsung melakukan peninjauan peralatan pemadam kebakaran. (Disk/Yus)

banner 336x280