Puan Maharani Lantik Tiga Anggota DPR Pengganti Menteri Jokowi

Nasional, Politik13540 Dilihat
banner 468x60

JAKARTA, lintasbarometer.com

banner 336x280

Dewan Perwakilan Rakyat melantik anggota pengganti Yasonna Laoly, Juliari Batubara, dan Johnny G Plate. Ketiga orang ini mundur sebagai anggota DPR karena dipilih Presiden Jokowi menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Ketiga orang yang menjadi anggota dewan dalam Pergantian Antar Waktu ini adalah Hairmadi Lubis dari PDIP daerah pemilihan Sumut I yang menggantikan Yassona H. Laoly. Yasonna mengundurkan diri karena diangkat menjadi Menteri Hukum dan HAM.

Selanjutnya adalah Tuti N Rusdiono dari PDIP daerah Jawa Tengah I menggantikan Juliari Batubara yang me jadi Menteri Sosial. Terakhir adalah Sutrisno dari Partai NasDem daerah pemilihan Nusa Tenggara Timur (NTT) I menggantikan Jhonny G. Plate yang menjadi Menteri Komunikasi dan Informasi.

Wakil Ketua DPR, Aziz Syamsuddin yang bertindak sebagai pimpinan sidang menyampaikan ketiga anggota DPR itu dilantik melalui mekanisme PAW. Saat pelantikan, pembacaan sumpah dipimpin oleh Ketua DPR Puan Maharani.

“Sebelum memangku jabatan anggota Dewan Perwakilan Rakyat saudara-saudara wajib bersumpah berjanji menurut agama masing-masing. Apakah saudara saudara bersedia disumpah?,” tanya Puan kepada Anggota dalam Rapat Paripurna ke-11 di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis 27 Februari 2020.

Puan mengingatkan bahwa sumpah janji yang akan diucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia, tanggung jawab memelihara dan menyelamatkan Pancasila, dan undang-undang dasar negara Republik Indonesia tahun 1945.

“Sumpah janji ini adalah terhadap Tuhan Maha Esa dan manusia yang harus ditepati dengan segala keikhlasan. zaya harap saudara-saudara mengikuti lafal sumpah yang akan saya Pandu,” kata Puan Maharani.  (Tempo/ Lbr)

banner 336x280