Pemkab Kampar Lunching SPO Melalui BPS dan KGTLA

Pemkab Kampar Lunching SPO Melalui BPS dan KGTLA 2

KAMPAR, lintasbarometer.com

Bupati Kampar yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kampar, Syamsul Bahri, M.Si melaunching Sensus penduduk Online (SPO) melalui Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kampar dan membuka rapat Koordinasi Gugus Tugas Layak Anak (KGTLA) yang dipusatkan di Aula Rumah Dinas Bupati Kampar pada Senin (17/2/2020).

Dalam arahannya Drs. Syamsul Bahri menyampaikan bahwa, bagi Pemerintah, data sensus penduduk akan dijadikan sebagai acuan atau pedoman dalam proses perumusan kebijakan, perencanaan pembangunan dan evaluasi.

Pada kesempatan tersebut, Syamsul mengatakan bahwa, sepuluh tahun sekali mencatat Indonesia, pesan ini merupakan narasi besar Sensus Penduduk 2020 yang berarti Sensus Penduduk sebagai kejadian yang sangat intimewa, kesempatan langka, kesempatan untuk menjadi bagian dalam memperbarukan cerita bangsa indonesia yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Ditambahkan Syamsul Bahri, Pastikan kita tecatat, pesan ini bertujuan untuk memastikan bahwa dengan Sensus Penduduk Online, anda bisa pastikan sendiri bahwa diri anda dan keluarga sudah tercatat. Pada 15 Februari sd 31 Maret 2020.

Dirinya juga berpesan agar seluruh masyarakat dapat menantikan kehadiran petugas sensus di rumah bapak dan ibu, pesan ini disampaikan pada tahap sensus wawancara, dimana penduduk Indonesia yang tidak berpartisipasi dalam sensus online akan didatangi petugas sensus untuk didata pada bulan Juli 2020.

Selain itu dalam arahannya, Syamsul menyampaikan bahwa, bagi Pemerintah Kabupaten Kampar, data sensus penduduk akan dijadikan sebagai acuan atau pedoman dalam proses perumusan kebijakan, perencanaan pembangunan dan evaluasi, agar program perlindungan sosial tepat sasaran, maka dalam perencanaannya akan memanfaatkan data sensus penduduk yang telah diolah untuk menekan infisiensi pemberian bantuan dan meningkatkan efektifitas anggaran.

Sementara itu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Kampar Edi Afrizal dalam laporannya mengungkapkan bahwa, tercatat dalam evaluasi KLA selama  tahun 2018 dan 2019, Kabupaten Kampar memperoleh Anugerah KLA pada Tahap Pratama. Untuk itu harapan kita semua Kabupaten Kampar bisa meraih Anugerah KLA  ke tingkat yang lebih tinggi ditahun 2020.

Salah satu langkah kongkrit untuk mewujudkan perlindungan anak dalam perspektif geopolitik pembangunan adalah dengan mewujudkan Kabupaten/Kota Layak Anak atau yang kita kenal dengan singkatan KLA

Hadir dalam Kegiatan Launching SPO dan Rakor Kabupaten Layak Anak tersebut diantaranya Ketua DPRD Kampar Faisal, ST, anggota DPRD Zumrotun, Kalapas Kelas II Bangkinang Sutarno,Bc, IP,SH,MH, Kementerian PPA Republik indonesia Iwan Setiawan serta Camat se Kabupaten Kampar dan Forum Anak Kampar. (Disk/yan)

Pemkab Kampar Lunching SPO Melalui BPS dan KGTLA 3