Polres Bengkalis Gelar Perkara di Lokasi Karhutla

banner 468x60

BENGKIS, lintasbarometer.com

banner 336x280

Satuan Reskrim Polres Bengkalis kegiatan gabungan penyelidikan lansung dipimpin Kasat Reskrim Polres Bengkalis AKP Andrie Setiawan SH, SIK. bersama Kanit Res Polsek Siak Kecil Aipda Rudi Sirait, beserta anggota Reskrim Polres dan Polsek Siak kecil, pada hari Selasa 11 Febuari 2020 sekira pukul 08.00 Wib .

Reskrim Polres melakukan penyelidikan, Di Tempat Kejadian Perkara Karlahut dan Gelar Perkara penanganan penyelidikan yang terjadi di Dusun Sena Desa Sungai Linau Kec. Siak Kecil Kabupaten Bengkalis.

Ditemu Barang bukti yang didapatkan dari tersangka Pembakaran Lahan dan Hutan tersebut adalah “1(Satu) buah mancis warna biru, 1(satu) batang kayu yang digunakan utk membakar sarang lebah yg sudah dalam keadaan patah,1(satu) pokok kelapa sawit yg sudah terbakar, Abu / tanah bekas terbakar.

Kapolres Bengkalis AKBP. Sigit Adiwuryanto SIK. MH, “menceritakan tentang kronologis perkara tersebut, “Pada hari Senin tgl 3 Februari 2020 sekitar pukul 16.00 WIB tersangka Ms mengajak temannya yang bernama Adi menuju ke jalan Kunti ujung dengan menggunakan sepeda motor dengan maksud tujuan mengambil madu disarang lebah yang berada dipinggir jalan didepan kebun milik Juper Tampubolon.,

Lanjut “Kapolres Bengkalis “Dan sesampainya di lokasi tersangka mengambil kayu di dekat semak-semak dan mengambil tangkos kering kemudian mengikatkannya ke ujung kayu dan lalu dibakar, kemudian kayu yg telah terbakar tersebut diletakkan dibawah sarang lebah, kemudian tersangka bersama temannya yg bernama Adi pergi sekitar 20 meter dari sarang lebah, lalu sekitar 30 menit kemudian tersangka kembali ketempat lebah itu dan berusaha mengambil madunya, namun sarang lebah tersebut tidak ada madunya, dan saat itu di sekitar tempat kayu yg ditegakkan tersangka untuk mengusir lebah telah terbakar dan tersangka berupaya memadamkan dengan cara menyiram api dengan air yang ada diparit, dan merasa apinya telah padam lalu tersangka dan temannya pulang.

“ Selasa tgl 4 Februari 2020 tersangka kembali lagi ke lokasi tempat dia membakar lebah tersebut dikarenakan ada informasi dari Sdr. Badri bahwa lahan itu kembali terbakar, dan tersangka berusaha utk memadamkannya dan merasa api telah padam tersangka lalu pulang kerumahnya. Dan akhirnya pada hari Jumat tgl 7 Februari 2020 api telah membesar dan membakar lahan sekitarnya sehingga warga sekitar bersama MPA dan personil Polsek berusaha utk memadamkan apinya, “Jelas Kapolres Bengkalis AKBP. Sigit Adiwuryanto SIK. MH.

Dari hasil penyelidikan dan olah tempat kejadian perkara, meminta keterangan saksi-saksi, dan pengumpulan barang bukti  Hasil Gelar Perkara bahwa dalam hal perkara , dapat ditingkatkan menjadi Penyidikan dan menetapkan terhadap MS ditetapkan sebagai Tersangka pelaku pembakaran lahan dan Hutan yang terjadi di Dusun Sena Desa Sungai Linau Kec. Siak Kecil Kab. Bengkalis.(j)

banner 336x280