Pemcam Talang Muandau Gelar Musrembang.

Bengkalis, Umum11126 Dilihat
banner 468x60

BENGKALIS, lintasbarometer.com

banner 336x280

Pemerintah kecamatan (Pemcam) Talang Muandau kabupaten Bengkalis Riau, menggelar acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) untuk tahun 2021 yang digelar diaula kantor camat setempat, Senin (10/2/2020).

Acara Musrembang yang merupakan forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk menyepakati langkah langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan Rencana Kegiatan Pembangunan tersebut, dihadiri oleh Sejumlah anggota DPRD kabupaten Bengkalis Dapil Pinggir – Talang Muandau.

Camat Talang Muandau Drs. Nasrizal diacara Musrembang yang digelar dalam menyampaikan pidato bupati Bengkalis mengatakan, musrembang merupakan proses perencanaan pembangunan dalam agenda tahunan yang dilaksanakan dan jangan dipersepsikan dengan acara seremonial belaka.

Kecamatan ini sangat penting dan sangat strategis, karena melalui forum ini, sangat perlu membahas dan menyepakati program kegiatan yang berasal dari desa. Kami yakin dan percaya, melalui program ini akan menghasilkan keputusan yang berorentasi pada kepentingan masyarakat bukan kepentingan pribadi atau kelompok.

Musrembang yang membahas skala prioritas, harus benar benar mampu menjawab permasalahan serta mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Talang Muandau,” ujarnya.

Nasrizal juga menjelaskan, pembangunan jangka menegah tahun 2016 – 2021 RKPD kabupaten Bengkalis adalah, memantabkan pembangunan yang berkualitas dan bedaya saing dengan prioritas pembangunan meliputi, pemantapan infrastruktur empat gerbang, pemantapan SDM dan ketenaga kerjaan, pemantapan kemanpuan sektor sektor perekonomian masyarakat berbasis padat karya dan tepat guna, pemantapan dan kemandirian masyarakat pedesaan.

“Pemantapan tema dan prioritas pembangunan dalam RKPD ini, menjadi fokus pembangunan kabupaten Bengkalis untuk tahun 2021 mendatang.

Hal ini selaras dengan kebijakan pemerintah pusat dan pemprov Riau untuk mempercepat pembangunan infrastruktur dan SDM yang unggul, menggali potensi sumber ekonomi yang baru serta mengurangi imfor pangan. Oleh karena itu kami berharap, seluruh pemangku kepentingan, penyelenggaraan pemerintah daerah baik eksekutif maupun legeslatif maupun pemerintah daerah, mari bersama sama kita merumuskan rencana pembangunan yang kita ikuti ini,” jelasnya..

Erwan S. Sos anggota DPRD kabupaten Bengkalis dalam sambutannya diacara Musrembang tersebut mengatakan, kalau musrembang yang digelar merupakan jadwal yang ditetapkan oleh perintah yang bertujuan bagaimana untuk merancang kegiatan pembangunan didaerah kecamatan Talang Muandau.

“Kami berharap kepada Pemcam Talang Muandau dan desa dan juga dinas yang berkaitan dengan ini, mari kita bersama sama saling berkordinasi bagaimana kegiatan kegiatan ini bisa terlaksana sesuai dengan yang kita harapkan,” ujar Erwan.  Anggota DPRD yang duduk dikomisi II itu juga menjelaskan, kegiatan di Talang Muandau butuh sektor dari infrastruktur  yang harus dikejar. Sebab jalan jalan Poros masih banyak yang harus dibenahi dan  yang harus difokuskan.

Masalah kesehatan juga didesa desa kecamatan Talang Muandau banyak yang bidannya tidak ada, ada postu tapi bidan tidak ada. Dan hal tersebut harus dibenahi, karena hal tersebut sangat menyentuh dengan ospek masayarakat.

“Kami dari DPRD juga mengharapakan dengan adanya e-planning, agar data yang dimasukkan  ke e-planning benar benar  yang skala prioritas. Karena data yang masuk  dari e-planning, kami di DPRD bisa mengawal data ini untuk dijadikan dan dimasukkan dalam RKPD. Karena kalau tidak ada didalam RKPD, nanti hasil dari pembahasan di DPRD dan OPD tersebut tidak bisa dilaksanakan.

Kepada camat kami berharap,  data yang menjadi Skala prioritas, agar disampaikan pada kami, agar kami dapat mengawal proses untuk pembangunan dikecamatan Talang Muandau ini,” ujar politisi PDIP itu.

Diacara Musrembang yang digelar, seluruh kades sekecamatan Talang Muandau menyampaikan program kegiatan yang menjadi skala prioritas didesa masing masing. Minimnya infrastruktur jalan dan butuhnya mobil Ambulan, menjadi skala jn prioritas yang diutarakan beberapa desa dalam Musrembang tersebut. (Hendri Hs)

banner 336x280