Induk Harimau dan 2 Anak yang Muncul di Kampar Berhasil Digiring Kembali ke Habitat

Induk Harimau dan 2 Anak yang Muncul di Kampar Berhasil Digiring Kembali ke Habitat 2

KAMPAR,lintasbarometer.com

Seekor induk harimau dan dua anak tertangkap kamera warga terlihat di perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Kampar, Riau. Petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau (BBKSDA) Riau terus meningkatkan patroli di sekitar lokasi.

Kemunculan induk dan anak harimau ini terekam kamera dan viral. Ketiganya terlihat tengah bermain di sebuah lubang kayu di perkebunan kelapa sawit di Desa Trimanunggal, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar.

Kepala BBKSDA Riau, Suharyono membenarkan adanya laporan ditemukannya tiga ekor harimau di perkebunan kelapa sawit. Namun saat petugas menuju lokasi, ternyata masyarakat telah berhasil menggiring hewan buat tersebut kembali ke habitat di kawan Tahura.

“Kami terus lakukan sosialisasi sehingga masyarakat tidak panik dan tidak memburu hewan tersesut. Malah mereka berhasil menggiring hewan tersebut tanpa meninmbulkan dampak lebih lagi,” katanya, Minggu (2/1/2020).

Suharyono memperkirakan harimau ini masih berusia remaja. Selain itu, di daerah tersebut merupakan salah satu kantong, sering ditemukan harimau sumatera.

“Kami senang, warga tidak panik dan tidak termakan isu terkait kemunculan harimau ini,” katanya.

Selain itu, sepekan sebelumnya, banyak warga yang mendapati jejak-jekak kaki harimau mulai mendekat ke area pemukiman warga. Meski ketiga harimau ini sudah kembali ke habitat, warga diminta untuk tetap waspada terhadap kehadiran hewan buas. ( newsid/lbr)

Induk Harimau dan 2 Anak yang Muncul di Kampar Berhasil Digiring Kembali ke Habitat 3