Terima Kasih Rakyat Indonesia, 245 WNI dari Wuhan China Telah Pulang ke Tanah Air

Terima Kasih Rakyat Indonesia, 245 WNI dari Wuhan China Telah Pulang ke Tanah Air 2

BATAM,lintasbarometer.com

Pesawat Batik Air evakuasi WNI dari Wuhan, China telah sampai di Bandar Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, Minggu (2/2/2020)

Pemerintah menjalankan semua proses evakuasi kemanusiaan dan transit observasi ini berdasarkan Inpres No.4 Tahun 2019 di bawah koordinasi dua kementerian koordinator.

Dua menteri itu tak lain adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK).

Demikian diungkapkan Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman melalui rilis yang diterima.

Fadjroel melanjutkan, misi evakuasi kemanusiaan dari beberapa lokasi kota (termasuk Wuhan) di Provinsi Hubei, China, telah tiba di tanah air.

Kini sebanyak 245 WNI yang dipulangkan dari Wuhan, China telah mendarat di Indonesia melalui Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau.

Mereka dipulangkan dengan pesawat berbadan lebar Airbus 330 milik Batik Air.

Pesawat tersebut bertolak dari Wuhan pada pukul 04.45 waktu setempat.

Pesawat tiba di Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Batam, 30 Kepulauan Riau pada pukul 08.35 WIB.

Sebelum berangkat dari Bandar Udara Internasional Wuhan, para penumpang ini diperiksa kembali kondisi kesehatannya.

“Sesuai pernyataan Menlu, Menkes, Panglima TNI, 245 WNI tersebut menjalani transit observasi di pangkalan militer TNI di Natuna yang memiliki fasilitas lengkap rumah sakit yang dikelola tim dokter dari tiga mantra (Angkatan Darat, Angkatan Udara, Angkatan Laut),” kata Fadjroel Rachman.

Presiden melalui jubirnya ini juga menyatakan rasa terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang dengan tulus ikhlas menunjukkan nilai perikemanusiaannya dalam menyambut pulang 245 WNI sebagai saudara sebangsa dan setanah air.

“Sekali lagi, marilah kita bergotong-royong, bahu membahu menghadapi dan melewati masa-masa sulit ini, demi nilai perikemanusiaan yang melekat dalam diri kita semua. Selamat kembali ke tanah air tercinta, Indonesia (WNI dari Wuhan, China),” tutur Fadjroel Rachman.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto juga telah memastikan bahwa seluruh WNI yang dipulangkan dari Wuhan dan sekitarnya, dipastikan berada dalam kondisi sehat. (Kompas/lbr)

Terima Kasih Rakyat Indonesia, 245 WNI dari Wuhan China Telah Pulang ke Tanah Air 3