Putusan Sela Pemecatan Rusdi, Pemkot Medan: “Putusan PTUN Salahi Prosedur”

banner 468x60

MEDAN,lintasbarometer.com

banner 336x280

Pemerintah Kota Medan menilai hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan menyalahi prosedur, terkait munculnya penetapan tunda atas SK pemecatan terhadap Rusdi Sinuraya dari jabatan Direktur Utama PD Pasar Kota Medan.

Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah (Sekda) Kota Medan, Bambang mengatakan, kesalahan tersebut karena penetapan dilakukan tanpa melakukan pemanggilan kepada pihak Pemkot Medan secara resmi.

“Hakim hanya memberitahu secara lisan adanya gugatan dari Rusdi atas SK pemecatan tersebut kepada Kasubbag Bantuan hukum Pemkot Medan, Rahma, untuk hadir pada Rabu 22 Januari di PTUN Medan. Nah, Rahma sendiri sebenarnya hadir di sana bukan karena pemberitahuan tersebut. Tapi karena menghadiri sidang atas perkara gugatan terhadap Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Medan,” kata Kepala Bagian Hukum Setda Kota Medan, Bambang, Jumat (31/1), dikutip Kantor Berita RMOLSumut.

Ironisnya, saat menghadiri sidang tersebut, ucap Bambang, Kasubbag Bantuan Hukum diminta secara lisan oleh Hakim PTUN Medan agar hadir untuk memberi keterangan atas SK Pemberhentian Dirut PD. Pasar.

Sebelum memberi keterangan, Kasubbag Bantuan Hukum mengaku kepada majelis hakim, bahwa tidak memiliki surat kuasa atas dalam memberi keterangan tersebut. Tapi, majelis hakim tak mempersoalkannya dan bertanya mengenai kebenaran surat pemberhentian tiga direksi PD Pasar Medan nomor 821.2/43.K/2020.

“Ini kan aneh, Kasubbag Bantuan Hukum sudah mengaku tak memiliki surat kuasa hukum, tapi tetap melahirkan penetapan sela. Inilah yang kami sebut ada pelanggaran SOP,” kata Bambang.

Dia menambahkan, SOP berikutnya ditabrak majelis hakim PTUN Medan adalah Pemkot Medan baru mendapatkan surat panggilan sidang pertama No. 11/G/2020/PTUN-Medan pada Kamis 23 Januari 2020. Dalam surat panggilan tersebut tergugat dalam hal ini Plt Walikota Medan diminta hadir pada Selasa 28 Januari 2020 pukul 10.00 WIB di ruang Musyawarah Majelis Hakim Gedung PTUN Jalan Bunga Raya No. 18 Kelurahan Asam Kumbang, Medan Selayang.

“Bagaimana kami bisa menerima penetapan sela majelis hakim PTUN Medan, sedangkan Kasubbag Bantuan Hukum tak memiliki surat kuasa dan hanya diundang lisan oleh majelis hakim pada Selasa 21 Januari 2020, itu pun undangannya saat ketepatan bertemu di lobi gedung PTUN Medan. Kami akan patuh terhadap hukum yang SOP dan administrasinya sesuai,” sebutnya.

“Karena PTUN Medan sudah melayangkan surat panggilan dan sudah diterima Pemko Medan, kami hadir memenuhi panggilan pada Selasa 28 Januari 2020, dan Kasub Bag Bantuan Hukum sudah menerima kuasa dari PLT Wali Kota Medan pada 27 Januari 2020. Prosedur inilah yang kami patuhi, tapi saat kami hadiri sidang pertama, penggugat masih dalam prose perbaikan materi gugatan, jadi kami belum tahu apa yang digugat kepada kami, tapi kami disuruh patuhi penetapan sela, inikan sulit kami pahami dan ikuti,” paparnya.

Lantas, Bambang hanya menyerahkan sepenuhnya kepada pimpinan apa arahan selanjutnya, dan silahkan publik yang menilai sendiri atas perkara tersebut.

Ditemui di ruang yang sama, Rahma mengaku pada Selasa (21/1 hadir ke PTUN atas perkara Pokja di Pemkot Medan. Saat di lobi gedung PTUN Medan bertemu pihak PTUN Medan dan menyampaikan secara lisan agar hadir memberi keterangan terkait SK Pemberhentian Dirut PD Pasar pada Rabu (22/1).

Selanjutnya, Rahma mengaku, pada hari yang sama, majelis hakim yang waktu itu dipimpin Jimmy Claus Pardede, dan dua hakim anggota Selvie Ruthyarodh dan Efriandy serta dibantu panitera pengganti Bahrum Lubis menanyakan tentang kebenaran surat petikan pemberhentian.

“Waktu itu saya jawab, saya tidak pegang surat kuasa, tapi saya mengaku itu surat benar. Sesuai prosedur, tentu harus kami terima dulu surat penggilan dan ada surat kuasa, ini kan saya hanya dipanggil lisan,” sebutnya.

Untuk diketahui, ada 3 Direksi PD Pasar Kota Medan yang diberhentikan yang diputuskan Plt Walikota Medan berdasarkan kesalahan fatal dalam bekerja. Adapun direksi yang diberhentikan adalah Rusdi Sinuraya dari jabatan Direktur Utama, Yohny Anwar dari jabatan Direktur Operasional, dan Arifin Rambe dari jabatan Direktur Pengembangan.

Tidak terima diberhentikan, tiga direksi tersebut melakukan upaya hukum dengan menggugat surat keputusan Walikota ke PTUN. Dalam waktu singkat, PTUN Medan mengeluarkan surat penetapan penundaan surat keputusan tersebut. (Lbr/Reza)

sumber : RMOL

banner 336x280