Kapolres Pelalawan Komitmen Bersama Masyarakat Atasi Karhutla

banner 468x60

PELALAWAN, lintasbarometer.com

banner 336x280

Kapolres Pelalawan AKBP M Hasyim Risahondua mengingatkan dalam penanganan karhutla ini perlunya komitmen bersama masyarakat untuk sama sama menjaga daerah dari kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Pelalawan Propinsi Riau ini.

Hal ini disampaikan saat Kapolres Pelalawan AKBP M Hasyim Risahondua memberikan sambutan rapat koordinasi pencegahan dan penanggulangan bencana karthutla tahun 2020 yang berlangsung di auditorium Kantor Bupati di Pangkalan Kerinci.Kamis (24/01).

Hasyim juga mengatakan di tengah permasalahan karhutla ini elemen masyarakat hendaknya  selalu bersama pihak Kepolisian dan TNI  serta perlunya  pendidikan  kepada masyarakat apa penyebab terjadinya kebakaran ini. Disamping itu juga perlunya gerak cepat team di lapangan karena yang di hadapi adalah alam oleh karenanya di saat akan adanya  kejadian team segera lakukan pengecekan peralatan, anggota dalam ikatan keadaan utuh,serta logistik yang cukup dengan tidak asal berangkat saja untuk melakukan pemadaman.

Mantan Kapolres Rokan Hulu ini juga mengingatkan perusahaan untuk senantiasa menjaga dan melakukan pemantauan titik api di wilayahnya dan berkoordinasi bersama kepala desa, danramil, polsek setempat dan saling menginformasikan melalui aplikasi Riau Monitoring System (RMS) sehingga terpantaunya pergerakan dan titik hotspot. “ Tegas Hasyim

Sementara itu Dandim 0313/KPR Letkol Inf Aidil Amin menambahkan perlu adanya pembinaan ekonomi kreatif kepada masyarakat karena permasalahan karhutla ini harus di tangani bersama tidak hanya masyarakat terpaku pada sektor perkebunan sawit saja  , selain itu perlu adanya komitmen bersama di dalam pencegahan,bahkan tahun ini koramil sudah di lengkapi 2 alat mini striker.Pengalaman tahun lalu yang membakar itu sosialisasi harus gencar kepada masyarakat.Karena ini adanya kesadaran masyarakat bersama perusahaan.” Jelas Aidil. ( MC/Fadly)

banner 336x280