Jokowi Instruksikan Minggu Depan Harga TBS Sudah di Atas Rp 2.000 per Kg

Nasional6234 Dilihat
banner 468x60

JAKARTA, lintasbarometer.com

banner 336x280

Presiden Jokowi menginstruksikan harga Tandan Buah Segar (TBS) di minggu depan harus sudah di atas Rp 2.000 per kilogram. Untuk itu, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan atau Zulhas mau mewajibkan para pengusaha perkebunan kelapa sawit untuk membeli TBS petani dan mitranya dengan harga di atas Rp 2.000 per kilogram.

“Saya minta mulai minggu depan, harga TBS harus di atas Rp 2.000 per kilogram dan para pengusaha wajib mentaati aturan yang telah disepakati,” kata Zulhas dikutip dari Antara usai kunjungan kerja ke Pasar Angso Duo Jambi, Selasa (2/8).

Permintaan tersebut disampaikan setelah Zulhas berdialog dengan para petani kelapa sawit dan pengusaha. Zulhas menegaskan permintaan naiknya harga TBS tersebut juga merupakan instruksi dari Presiden Jokowi.

“Ini instruksi langsung dari Bapak Presiden, saya selaku Mendag menyampaikan bahwa minggu depan harga TBS sudah di atas Rp 2.000 per kilogram,” tegas Zulhas.

Zulhas mengatakan pihaknya sudah menghapus pajak ekspor yang dibebankan kepada pengusaha sawit. “Baik mitra maupun non-mitra perusahaan, harganya (TBS) harus di atas Rp 2.000 per kilogram. Jika tidak berani, boleh protes, jangan jual TBS-nya,” ujar Zulhas.

Zulhas tiba di Bandara Sultan Thaha Saifuddin Jambi pada pukul 10.00 WIB dan disambut langsung Gubernur Jambi, Al Haris. Ada beberapa agenda kunjungan Mendag ke Jambi yakni peninjauan Pasar Angso Duo Jambi dan peletakan batu pertama PT Nusantara Green Energy di Simpang Jelutih, Kabupaten Batanghari.

Selain itu, Zulhas juga dijadwalkan akan melakukan kunjungan ke Pabrik Minyak Goreng PT Kurnia Tunggal di Muarojambi. Mendag rencananya hanya melakukan kunjungan selama satu hari di Jambi dan akan kembali ke Jakarta. (Kumparan)

banner 336x280