Penekanan Tombol Serine Oleh Gubernur Riau H.Syamsuar.Msi Pertanda Dibukanya MTQ Tingkat Propinsi Riau Yang ke XL di Bagansiapiapi

Penekanan Tombol Serine Oleh Gubernur Riau H.Syamsuar.Msi Pertanda Dibukanya MTQ Tingkat Propinsi Riau Yang ke XL di Bagansiapiapi 2

ROHIL,lintasbarometer.com

Gubernur Riau H Syamsuar.Msi resmi telah membuka acarara Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ)ke XL tingkat Provinsi Riau yang dilaksanakan di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Minggu 24 Juli 2022) malam.

Pembukaan MTQ ke XL yang dipusatkan di taman Budaya, Batu Enam tersebut ditandai dengan penekanan tombol sirine dan pemukulan beduk yang berlangsung dengan begitu meriah dan disaksikan ribuan masyarakat.

Acara MTQ yang  ke XL tingkat Provinsi Riau kali ini diikuti sebanyak 581 peserta dari 12 Kabupaten dan Kota. Adapun rincian peserta sebagai berikut: Kabupaten Bengkalis sebanyak 50 orang, Indragiri Hilir 52 orang, Indragiri Hulu 52 orang, Kampar 53 orang, Kepulauan Meranti 14 orang, Kuantan Singingi 52 orang.

Disusul, Kabupaten Pelalawan 52 orang, Rokan Hilir 55 orang, Rokan Hulu 53 orang, Siak 53 orang, Dumai 44 orang, dan kota Pekanbaru 53 orang.

Gubernur Riau H Syamsuar.Msi dalam kata sambutannya mengatakan, Provinsi Riau adalah Provinsi yang memiliki budaya melayu dan sangat identik dengan islam yang tentunya memiliki kuantitas islam yang sangat tinggi.

Namun sebut Gubernur, kuantitas saja tanpa di barengi dengan kuwalitas maka akan sulit tercapai. Sehingga, perbaikan kuwalitas wajib di lakukan.

Melalui MTQ ini kita berupaya agar Alqur,an senantiasa di pelajari dan diamalkan agar tumbuh keinginan dalam mempelajari Alqur,an, katanya.

Tujuan pelaksanaan MTQ ini lanjutnya, memang prestasi adalah utama. Namun, disamping itu syiar islam juga sangat penting.

Gubernur menerangkan, tahun 2022 ini MTQ ke XL tingkat Provinsi Riau di amanahkan dan dilaksanakan di Rohil.     Yang mana, beberapa tahun sebelumnya pelaksanaan MTQ tidak dapat dilaksanakan karena dilanda pandemi Covid-19 dan ini merupakan awal mulai dilaksanakan.

Oleh sebab itu kita patut bersyukur kepada Allah dan mari kita syiarkan alqur,an di negeri ini melalui MTQ, jelasnya.

Gubernur juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya terkhusus kepada Bupati dan Wabup serta Forkopimda dan seluruh masyarakat Rohil yang telah dapat melaksanakan Acara MTQ dengan semarak dan khidmat.

Ditempat yang sama, Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam kata sambutannya mengatakan bahwa MTQ ini merupakan salah satu sarana silaturahmi bagi seluruh kafilah se Provinsi Riau.

Atas nama Pemda dan masyarakat Rohil kami menyampaikan ucapan selamat datang kepada qori dan qoriah se Provinsi Riau di     Kota Seribu Kubah Bagansiapiapi.

Sebagaimana kita imani bersama sebut Bupati, kitab suci alqur,an merupakan sebagai tuntutan bagi umat manusia dan menjadi pedoman hidup bagi umat islam.

Alquran memberikan pencerahan bagi siapa saja yang membacanya. Melalui alqur,an kita dapat mengetahui rahasia alam yang ada.  Islam itu menolak kebencian dan fitnah yang selalu mengagungkan persatuan dan kesatuan serta toleransi, jelas Bupati.

Kepada para kafilah, Bupati mengucapkan ucapkan selamat bermusabaqoh dan berharap dengan musabaqoh ini dapat menghadirkan qori dan qoriah yang handal.

Karena para pemenang nantinya akan menjadi duta pada pelaksanaan MTQ ke 22 tingkat Nasional yang akan berlangsung di Kalimantan Selatan,terangnya.

Bupati menambahkan, MTQ ini tidak semata untuk bertanding dan membaca alqur,an saja, namun juga sebagai ajang silaturahmi antar sesama dan memperkuat ukhuwah Islamiyah.

Kepada para kafilah yang akan bertanding kami do,a kan senantiasa diberkahi dan mendapat prestasi yang gemilang. Kepada masyarakat Rohil mari sambut seluruh tamu kita yang datang dengan memberikan pelayanan yang baik, tuturnya.

Ucapan terimakasih Bupati kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras dalam mensukseskan acara MTQ tingkat Provinsi Riau di Bagansiapiapi.  (Edi)

 

Penekanan Tombol Serine Oleh Gubernur Riau H.Syamsuar.Msi Pertanda Dibukanya MTQ Tingkat Propinsi Riau Yang ke XL di Bagansiapiapi 3