Kemarau Dan Cuaca Ekstrim, Kapolres Rohul: Polri Intensifkan Monitoring Karhutla Dan Ingatkan Warga Tak Bakar Lahan

Kemarau Dan Cuaca Ekstrim, Kapolres Rohul: Polri Intensifkan Monitoring Karhutla Dan Ingatkan Warga Tak Bakar Lahan 2

ROHUL, lintasbarometer.com

Mengingat cuaca ekstrelim  panas dan musim kemarau, Kapolres  Rokan Hulu (Rohul) AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MH

mengingatkan masyarakat agar tidak melakukan Pembakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

“Kita tidak ingin ada Karhutla di wilayah hukum Polres Rohul, melanggar pasti ada sanksi, karenanya kita ingatkan sejak awal,” tegas Kapolres AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MH di dampingi Kasusbsi Si Humas Aipda Mardiono Pasda SH, Sabtu (23/7/2022).

Lanjut, Pangucap, Karhutla yang terjadi, seperti beberapa waktu lalu tidak saja dapat  mengganggu kesehatan.

“Bahkan melumpuhkan perekonomian seperti dunia penerbangan dan lainnya,” katanya

“Oleh karenanya mari kita jaga hutan kita khususnya di wilayah hukum Polres Rohul jangan sampai terbakar atau di bakar,” tegasnya.

Selain itu, Kapolres memerintah kepada jajarannya agar lebih intensif lagi dalam giat memonitoring serta  antisipasi Karhutla.

“Personel  Polres Rohul, baik itu Kapolsek dan Bhabinkantibmas, lakukan sinergi dan koordinasi dengan unsur TNI seperti  Danramil dan Bhabinkantibmas.

“Sedangkan Tim Polres Rohul agar diintenskan komunikasi  dan koordinasi dengan BPBD, Kesehatan, Dinas Sosial, Satpol PP, Dishub, Ormas, para Tokoh  dan lainnya, sebab jika sewaktu terjadi Karhutla dapat ditangani dengan segera,” paparnya.

“Tujuannya bila terjadi bencana Karhutla seluruh tim gabungan juga sudah siap menghadapi tanggap darurat,” katanya.

AKBP Pangucap, mengingatkan, titik berpotensi terjadi Karhutla, Kawasan Bukit Sulingi, meliputi Polsek Kabun, Tandun, Rokan IV Koto dan Pendalian IV Koto. Kemudian, sambungnya, kawasan Bukit Barisan, meliputi Polsek Rambah Samo, Rambah dan Bangunpurba.

“Termasuk area lahan bergambut, Polsek Bonaidarussam dan Kepenuhan, begitu dengan Hutan Lindung Mahato Wilayah Polsek Tambusai Utara,” rincinya

Masih Kapolres mengingatkan kepada Masyarakat, juga tetap waspada dan hati-hati, pastikan api di Kompor dalam keadaan padam, termasuk kabel listrik yang berpotensi korsleting supaya menjadi perhatian.

“Sebab Api itu kecil jadi teman, besar menjadi, jika bepergian baik ke Pasar, ke kebun dan  pastikan rumah dalam kondisi aman,” pungkas Pangucap mengakhiri

(Humas Polres Rohul)

Kemarau Dan Cuaca Ekstrim, Kapolres Rohul: Polri Intensifkan Monitoring Karhutla Dan Ingatkan Warga Tak Bakar Lahan 3