Mudik Lebaran 2022, Pemudik Diimbau Vaksin Booster Sekarang dan Siapkan e-HAC

Nasional4817 Dilihat
banner 468x60

JAKARTA, lintasbarometer.com

banner 336x280

Sejak mengizinkan kembali masyarakat untuk melakukan aktivitas mudik Lebaran 2022, pemerintah mengimbau masyarakat untuk segera memenuhi vaksin booster sebagai syarat perjalanan. Pekan ini pun disebut sebagai waktu yang tepat untuk menerima vaksin Covid-19 dosis ketiga itu.

“Minggu ini momen yang tepat untuk vaksin booster. Antibodi itu terbentuk paling tidak dua minggu setelah kita divaksinasi,” kata Juri Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro, Senin, 18 April 2022.

Maka, Reisa menyarankan masyarakat yang ingin mudik untuk segera menemukan lokasi vaksinasi dan mendapatkan vaksin booster. Tujuannya tak lain agar aktivitas mudik bisa berjalan dengan sehat.

“Mudik ini kan sudah kita tunggu-tunggu, perlu persiapan biar bisa mudik sehat. Kalau sudah vaksinasi lengkap dua dosis, lengkapi dengan dosis ketiga,” kata Reisa.

Selain melakukan vaksinasi booster, Reisa mengatakan pemudik diminta untuk mengisi Electronic-Health Alert Card (eHAC) domestik melalui aplikasi PeduliLindungi. Pengisian eHAC domestik itu merupakan upaya pemerintah mewujudkan mudik yang aman dan sehat serta memudahkan petugas kesehatan untuk melakukan pelacakan kasus apabila ditemukan kasus Covid-19.

“Mulai 5 April 2022 pengisian eHAC domestik berlaku untuk semua moda transportasi baik darat, laut dan udara. Ini hanya berlaku untuk pelaku perjalanan usia 6 tahun ke atas,” kata Reisa.

Selama 2021 hingga 2022, PeduliLindungi telah mencegah 3.733.067 orang dengan status merah atau vaksinasinya belum lengkap untuk memasuki ruang publik. PeduliLindungi juga telah mencegah 538.659 orang yang terinfeksi Covid-19 atau punya status hitam untuk melakukan perjalanan domestik dan mengakses ruang publik yang tertutup.

“Sangat bermanfaat terutama selama gelombang varian Delta dan Omicron,” kata Reisa.

Adapun pada mudik Lebaran 2022, pemerintah telah menetapkan masa cuti bersama dan libur Lebaran dengan total 10 hari. Cuti bersama dimulai pada 29 April hingga 8 Mei 2022. Agar tak terjadi kepadatan di jalur mudik, masyarakat diimbau menghindari pemberangkatan pada 28-30 April 2022.

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik Tempo.co Update untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram lebih dulu. (Tempo)

banner 336x280