Riau Jadi Percontohan Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah di Indonesia

Pekanbaru4123 Dilihat
banner 468x60

PEKANBARU, lintasbarometer.com

banner 336x280

Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) menginginkan Provinsi Riau dapat menjadi provinsi percontohan dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Direktur Eksekutif KNEKS, Ventje Rahardjo saat melakukan audiensi dengan Gubernur Riau Syamsuar secara virtual, Selasa (8/3/2022).

Ventje Rahardjo menilai, Provinsi Riau memiliki peluang yang cukup besar untuk pengembangan UMKM, bisnis, keuangan syariah, dan industri produk halal.

Apalagi menurutnya, Pemprov Riau juga saat ini telah mempersiapkan rencana peraturan gubernur (Rapergub) tentang pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Provinsi Riau.

“Melihat potensi pertumbuhan ekonomi di Riau besar harapan kami kedepannya. Dari manajemen eksekutif KNEKS dapat membangun sinergi dan kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Riau,” ujarnya.

Karena itu, Ventje Rahardjo melihat sektor bisnis dan industri halal juga perlu disinergikan untuk mendorong ekspor UMKM dan industri halal. Sehingga dapat mengembangkan industri aman dan sehat atau di Provinsi Riau

“Untuk itu, Riau ini perlu mendapat dukungan program percepatan sertifikasi halal dari sektor UMKM untuk menyejahterakan masyarakat,”

Namun, kata dia, semua itu perlunya dilakukan koordinasi yang kuat dalam kaitan kelembagaan ekonomi bantuan Syariah di Provinsi Riau. Dimana program pengembangan ekonomi dan keuangan syariah baik nasional maupun daerah berkolaborasi melalui satu pintu yaitu lembaga ekonomi dan keuangan syariah daerah.

“Melalui pertemuan ini kami berharap dapat dilakukan kesepakatan terkait rencana sinergi, dan aksi dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Provinsi Riau. Utamanya mendorong rancangan peraturan Gubernur Riau tentang pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Riau. Semoga pengembangan ekonomi dan keuangan syariah ini dapat memberikan manfaat dan menjadi amal jariyah kedepannya,” tukasnya.

Sementara itu, Gubri Syamsuar mengatakan, pertemuan tersebut dalam rangka KNEKS melihat sejauh mana perkembangan dan kemajuan ekonomi dan keuangan syariah di Riau.

“Jadi mereka ingin tahu sejauh mana yang telah dibuat Riau. Alhamdulillah apa yang kita buat ternyata Riau lebih maju dibanding daerah lain,” kata Gubri.

“Karena itu, tadi pak Direktur Eksekutif KNEKS yang jabatan dibawah pak Wapres akan mensupport Riau, dan tadi beliau juga memberi masukan terkait rencana peraturan gubernur yang kita buat, serta rencana kita membentuk komite untuk mendukung ekonomi dan keuangan syariah yang sudah mulai jalan di Provinsi Riau,” katanya singkat.

Hadir mendampingi Gubri saat pertemuan virtual dengan Direktur Eksekutif KNEKS, Sekretaris Daerah Provinsi Riau SF Hariyanto, dan Kepala Bappeda Riau Syahrial Abdi, serta OPD terkait lainnya. (Clh/lbr)

banner 336x280