Kejar Target Vaksinasi 70 Persen, Mendagri Minta Pemda Gerak Cepat

Kejar Target Vaksinasi 70 Persen, Mendagri Minta Pemda Gerak Cepat 2

JAKARTA, lintasbarometer.com

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian bersama kementerian/lembaga lainnya berupaya memacu Pemerintah Daerah (Pemda) untuk melakukan percepatan vaksinasi Covid-19. Hal ini merupakan tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo untuk dapat mencapai target vaksinasi dosis pertama hingga 70 persen.

“Bapak Presiden dalam Ratas hari Senin lalu menargetkan 70 persen untuk (vaksinasi) dosis pertama secara nasional. Dalam rangka mencapai target tersebut, maka selama lebih kurang tiga minggu ini kita melakukan percepatan,” kata Tito dalam keterangannya, Senin (13/12).

Menurut Tito, pihaknya bersama Menteri Kesehatan (Menkes), Kapolri, Panglima TNI, Kepala BIN, Jaksa Agung dan stakeholder lainnya turut bergerak untuk mendorong jajaran masing-masing agar berkoordinasi dalam mempercepat vaksinasi. Hal ini dilakukan untuk mencapai target 70 persen vaksinasi.

“Maka perlu percepatan. Memang ada beberapa provinsi yang sudah mencapai target 70 persen, ada juga yang belum, salah satunya Sulawesi Tenggara,” tambahnya.

Dia menegaskan, percepatan dan pemerataan vaksinasi memang tetap menjadi salah satu fokus utama pemerintah dalam penanganan Covid-19. Selain terus memastikan pasokan vaksin aman, pemerintah pusat juga mendorong pemerintah daerah bersama masyarakat agar membantu tercapainya target 70 persen penduduk yang divaksinasi pada akhir 2021.

Tito menekankan, perlunya kerja sama semua pihak di setiap level pemerintahan untuk bersama mempercepat vaksinasi. Ia menyontohkan, terdapat kendala yang dihadapi di tingkat Kabupaten/Kota, maka Pemerintah Provinsi perlu bersinergi dan membackup persoalan di lapangan.

Sementara itu, kendala dalam mengumpulkan dan mengajak masyarakat untuk melakukan vaksinasi, dapat dilakukan dengan kolaborasi dan kreativitas pemerintah daerah.

“Kalau kendala misalnya mengumpulkan masyarakat, itu memerlukan kemampuan kolaborasi dengan Forkopimda sekaligus terobosan kreatif,” ujar Tito.

Karena itu, Tito mengharapkan Pemda proaktif untuk menjemput bola dalam pelaksanaan vaksinasi. Hal ini tidak lain agar target vaksinasi 70 persen tercapai di akhir tahun.

“Untuk pencapaian target vaksinasi tiap daerah mengejar minimal 70 persen dari penduduk, dapat dilakukan dengan edukasi secara berkelanjutan dan memperbanyak titik vaksinasi. Sinergisme juga diperlukan agar target harian vaksinasi Covid-19 tersebut bisa tercapai,” pungkasnya. (Jawapos)

Kejar Target Vaksinasi 70 Persen, Mendagri Minta Pemda Gerak Cepat 3