Kejar Target 70 Persen, Kadiskes Rohul “Gerilya” Cari Tambahan Vaksin ke Pusat

Kejar Target 70 Persen, Kadiskes Rohul "Gerilya" Cari Tambahan Vaksin ke Pusat 2

ROHUL, lintasbarometer.com

Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu terus berupaya mengejar target vaksinasi Covid-19. Seperti diketahui, Bupati Rokan Hulu H Sukiman menargetkan tahun ini capaian vaksinasi 70 Persen.

Untuk merealisasikan target tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Rohul dr. Bambang Triono terus “bergerilya” mencari tambahan alokasi vaksin ke Kementerian Kesehatan agar vaksin di Rohul tidak terputus.

Kepala Dinas Kesehatan dr Bambang Triono yang saat dihubungi berada di Kementerian Kesehatan di Jakarta mengatakan, upaya Dinas Kesehatan memastikan tambahan alokasi vaksin untuk Rohul akhirnya membuahkan hasil. Ia memastikan Kemenkes telah mengalokasikan sebanyak 50.002 dosis vaksin untuk Rokan Hulu.

“Alhamdulilah, hari ini kita sudah mendapatkan kepastian tambahan alokasi sebanyak 50 ribu dosis vaksin dari Kementerian Kesehatan. Vaksin yang kita dapatkan masing-masing 25 ribu dosis vaksin jenis Coronavac dan 25 ribu vaksin jenis Pfizer,” cakap Bambang, Kamis (9/12/2021).

Menurutnya, 50 ribu lebih dosis vaksin alokasi Kemenkes tersebut diperkirakan akan tiba di Rokan Hulu pada Jumaat (10/11/2021). Vaksin itu akan langsung didistribusikan ke Puskesmas untuk disuntikkan ke masyarakat.

“Setelah vaksin ini kita terima, kita akan kembali ajukan tambahan permintaan vaksin lagi ke Kemenkes,” ucapnya.

Bambang menyatakan, sebelum mendapatkan tambahan alokasi 50 Ribu vaksin dari Kemenkes, Diskes Rohul juga telah menerima 41 ribu dosis Sinovac dan Astrazeneca dari Kemenkes dan 10 ribu vaksin realokasi dari kabupaten Siak.

“Diskes Rohul juga Siap menerima vaksin dari daerah lain yang belum digunakan untuk mengejar target 70 persen dosis 1 di akhir tahun ini,” ucapnya.

Bambang menambahkan, Diskes Rohul terus memasifkan kegiatan vaksinasi di seluruh kecamatan dan desa di Rohul setiap hari. Saat ini saja, serapan vaksinasi per hari meningkat 4 kali lipat yang awalnya hanya 2.000 dosis per hari menjadi 8.000 dosis per hari.

Jika capaian 8.000 orang divaksin per hari tetap konsisten 20 hari ke depan, Bambang optimis hingga akhir tahun ini cakupan vaksinasi Rohul bisa lebih dari 70 persen. (Clh/lbr)

Kejar Target 70 Persen, Kadiskes Rohul "Gerilya" Cari Tambahan Vaksin ke Pusat 3