Petugas Dinkes Pekanbaru Datangi Rumah Lansia untuk Vaksinasi di 38 Kelurahan

Petugas Dinkes Pekanbaru Datangi Rumah Lansia untuk Vaksinasi di 38 Kelurahan 2

Pekanbaru, lintasbarometer.com

Dinas Kesehatan (Dinkes) Pekanbaru terus menggesa vaksinasi dalam upaya menciptakan kekebalan komunal di masyarakat.

Kali ini, petugas Dinkes Pekanbaru, Riau, datangi rumah-rumah warga lanjut usia (lansia) untuk memberikan vaksin COVID-19.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dr Arnaldo Eka Putra di Pekanbaru, Jumat, mengatakan petugas medis itu tersebar di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang tersebar di 38 kelurahan di Ibu Kota Provinsi Riau ini.

“Tim mendatangi rumah-rumah warga yang memiliki lansia belum divaksin COVID-19. Sekarang itu sudah kami lakukan untuk percepatan vaksinasi bagi lansia,” katanya.

Sejauh ini realisasi vaksinasi terhadap lansia di Kota Pekanbaru sudah mencapai sekitar 50 persen atau 35.708 dari target 70.384 lansia.

Sementara itu, 34.676 lainnya masih menunggu suntikan vaksin. Pemberian vaksin COVID-19 juga bisa dilakukan di rumah sakit dan tempat layanan kesehatan.

Arnaldo juga mengatakan Pekanbaru sudah mengeluarkan surat edaran percepatan pemberian vaksin bagi lansia. “Jadi rumah sakit dan faskes bisa memasang target sekaligus melakukan jemput bola,” katanya.

Ia juga mengajak warga untuk mengantarkan orang tuanya ke layanan vaksinasi.

“Kami mengimbau keluarga yang memiliki lansia mengantarkan mereka ikut vaksinasi, pemerintah menjamin bahwa vaksin yang diberikan aman, halal, dan bermanfaat mencegah dampak COVID-19,” ungkapnya.

Selain itu, ia meminta semua warga tetap disiplin pada protokol kesehatan (Prokes), dengan tetap menerapkan 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mencegah mobilitas interaksi. (antara)

Petugas Dinkes Pekanbaru Datangi Rumah Lansia untuk Vaksinasi di 38 Kelurahan 3