PT. SPR Langgak Bina IKM dan UKM untuk peningkatan perekonomian

PT. SPR Langgak Bina IKM dan UKM untuk peningkatan perekonomian 2

ROHUL, lintasbarometer.com

PT.Sarana Pembangunan Riau (SPR) Langgak, taja pelatihan produksi Bersih Ramah Lingkungan, sebagai upaya tingkatkan perekeonomian masyarakat sekaligus menjaga kelestarian lingkungan.

Platihan tersebut, sebagai upaya PT.SPR Langgak tingkatkan perekonomian masyarakat sekaligus upaya menjaga Kelestarian lingkungan, bagi Usaha Kecil Menengah juga Industri Kecil Menengah (UKM- IKM), yang kini perekonomiannya tersendat-sendat terutama dimasa pandemi covid-19 yang sudah hampir dua tahun.

“Imbas Covid 19, daya beli masyarakat turun drastis dan memberikan banyak dampak pada usaha skala besar. Sifat dari usaha kecil yang fleksibel dan cepat tumbuh membuat banyak ruang bagi masyarakat mengembangkan usaha, begitu juga dengan pencari pekerjaan,”

“Hal ini yang mendasari perhatian PT. SPR Langgak membina IKM dan UKM agar tumbuh dan kembang sehingga diharapkan berikan multiplier effect terhadap peningkatan perekonomian masyarakat, khususnya disekitar wilayah operasi,” kata Head of Field Support PT SPR Langgak, yang juga ketua pelaksana pelatihan Rafiq Adriansyah, Selasa (5/10/2021).

Setelah operasi produksi berjalan dan berkembang, dampak lain sebagian besar tidak disadari yakni limbah. Mengatasi limbah produksi yang selama ini dibuang atau dibakar, pada Senin (4/10/20211) di Rumbai – Pekanbaru, PT.SPR Langgak beri pelatihan ke anggota IKM Langgak Craft, binaan PT SPR Langgak sejak 2020.

Rafiq Adriansyah selaku Head of Field Support PT.SPR Langgak juga menambahkan, sekaligus ketua pelatihan produksi bersih ramah lingkungan, sebagai upaya membina IKM agar peduli lingkungan.

“Upaya itu dilakukan dengan cara memanfaatkan limbah hasil produksi jadi sesuatu yang bermanfaat, dibutuhkan masyarakat dan lingkungan yang dapat bernilai ekonomis bagi IKM Langgak Craft,” kata Rafiq.

Dengan pelatihan harap Rafiq, diharapkan IKM Langgak Craft dapat meningkatkan produktivitas dengan meningkatkan nilai tambah dari suatu produk dalam proses produksi sekaligus membantu melestarikan lingkungan. Sehingga IKM Langgak Craft mampu jadi IKM yang produktif, inovatif sekaligus peduli dan turut serta menjaga dan melestarikan lingkungan.

Sri Harwati mewakili anggota IKM Langgak Craft, berterima kasih ke PT. SPR Langgak dan SKK Migas, yang senantiasa peduli dan membantu masyarakat terutama bagi IKM Langgak Craft agar terus maju dan berkembang.

Peserta dari IKM Langgak Craft yang ikuti pelatihan, Sri Harwati, Suyanti, Jamilah, Masitah, Susilawati dan Setiawati. Turut hadir di pelatihan Arbain selaku Public Relation Specialist dan Achmad Rafdi Hazimi Tim Field Support PT. SPR Langgak.**(Ns)

PT. SPR Langgak Bina IKM dan UKM untuk peningkatan perekonomian 3