Vaksinasi di Tamtim dan Lubuk Soting Masih Rendah, Kapolsek Bersama Kapus II Tambusai Gencar Sosialisasi

Vaksinasi di Tamtim dan Lubuk Soting Masih Rendah, Kapolsek Bersama Kapus II Tambusai Gencar Sosialisasi 2

ROHUL, lintasbarometer.com

Dengan masih rendahnya sasaran vaksinasi Covid 19 di Desa Lubuk Soting dan Tambusai Timur (Tamtim) Kecamatan Tambusai, Kapolsek Tambusai bersama Kepala Puskesmas Tambusai II gencar sosialisasi ke sekolah sekolah dan warga.

Kapolsek Tambusai Iptu R.Ginting, Rabu (22/9/2021) saat memantau pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Tambusai II, bersama Anggota DPRD Rohul Fraksi Gerindra Dapil II Budiman Lubis, Kapus Tambusai II Tri Ramadani.S.KM serta Kades Tingkok Herman Lubis menyatakan, pihaknya akan terus lakukan sosialiasi ke masyarakat dan sekolah sekolah.

Diakui R.Ginting, masih rendahnya sasaran vaksinasi di dua desa tersebut, karena faktor tingkat kesadaran masyarakat untuk vaksin masih rendah. Hal itu akibat faktor ketidak tahuan serta pemahaman vaksin berbahaya.

“Kita harapkan juga dinas terkait seperti Dinas Kesehatan atau Dinas Pendidikan agar berikan surat edaran ke kepala sekolah serta desa desa, agar vaksinasi pencapaiannya bisa meningkatm Termasuk kurangnya sosialisasi ke masyakat sehingga ketidak tauan masyarakat dan sekolah pentingnya vaksinasi,” kata Kapolsek Iptu R. Ginting.

Kapolsek juga mengakui, masih banyak pemahan pemahaman yang tidak sesuai di masyarakat, mungkin ada yang belum sampai tersosialisasikan dengan baik ke masyarakat termasuk ke sekolah sekolah.

“Namun kita tetap akan sosialisasikan ke masyarakat serta sekolah-sekolah yang menjadi sasaran vaksinasi, termasuk perusahaan yang sebagian sudah melaksanan vaksinadi tapi masih khusus untuk keluarganya dan belum ke karyawan-karyawannya,” ucapnya.

Anggota DPRD Rohul dark Fraksi Gerindra juga mengatakan, karena kurangnya sosialisasi dan pemahaman masyarakat untuk vaksin maka sasarannl vaksinasi di dua desa masih rendah.

“Maka yang harus ditekankan dan imbau ke masyarakat baik kecamatan dan desa, karena vaksin sangat penting mencegah penyebaran Covid 19. Malah petugas kesehatan kita lakukan jemput bola ke rumah rumah untuk divaksin, dan kalai bisa ada surat terulis seluruh pelajar siswanya wajib vaksin,” saran Budiman.

Kapus Tambusai 2 Tri Ramadani.S.KM juga mengaku, dua dari empat desa yang masuk wilayah pelayanan Puskemas Tanbusai 2 Tamtim serta Lubuk Soting masih rendah sasaran vaksin. Pihaknya terus melakukan sosialisi baik ke sekolah sekolah dan masyarakat mengajak masyarakat vaksin.

Tri Ramadani berharap, kesadaran masyarakat untuk vaksinasi bisa dilakukan, karena vaksin penting. Pemahaman vaksin bahaya itu salah, apalagi di Puskesmas Tambusai 2 setiap hari melayani warga yang vaksin cukup tunjukan KTP dan bisa dilakukan vaksin oleh petugas.** (NS)

Vaksinasi di Tamtim dan Lubuk Soting Masih Rendah, Kapolsek Bersama Kapus II Tambusai Gencar Sosialisasi 3