Action Pertama, Satgas Penanggulangan Banjir di Rohil Lakukan Penggalian Parit

Action Pertama, Satgas Penanggulangan Banjir di Rohil Lakukan Penggalian Parit 2
ROHIL, lintasbarometer.com

Satuan petugas (Satgas) yang dibentuk DLH untuk penanggulangan banjir melakukan penggalian sejumlah parit yang ada di Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir, Puluhan petugas itu menggali parit secara Manual.

Hari ini action pertama penggalian parit. Ada 25 orang petugas penanggulangan banjir. Mereka akan siaga dan stanbay 24 Jam, sebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hilir, Suwandi.S.Sos ketika dikonfirmasi awak media Sabtu pagi.

Ia menjelaskan satuan petugas (satgas) dari DLH tersebut telah dibentuk, yang mana siap untuk diturunkan apabila terjadi curah hujan yang cukup tinggi, dan menimbulkan genangan air baik itu di pemukiman warga maupun di badan jalan.

Penggalian parit yang dilakukan mulai dari perempatan jalan bahagia parit disamping kanan dan kiri jalan pahlawan, lalu menuju kesungai pabrik. Menurutnya, dengan melakukan kegiatan penggalian disepanjang parit jalan pahlawan itu dapat mengurangi banjir yang terjadi pada badan Jalan maupun dihalaman rumah warga dikarena curah hujan.

Suandi.S.Sos mengatakan, kendala bagi penggalian parit dibeberapa titik diantaranya seperti rumah, kedai dan warung yang dibangun diatas parit. Selain itu juga adanya semen dan papan kayu menimbun parit, sehingga tidak lancarnya pengaliran sehingga menimbulkan genangan air.

Kadis Lingkungan Hidup berharap, guna membantu pemerintah daerah dalam mengatasi banjir. Masyarakat dihimbau agar tidak membuat bangunan permanen di atas parit, juga jangan membuang sampah ke dalam parit ataupun di Draenase.

Alhamdulillah kita sudah pantau disisi kanan dan kiri parit jalan pahlawansetelah pembersihan dari perempatan jalan bahagia menuju sungai pabrik air sudah kelihatan deras mengalir, tuturnya.                                                                        Editor   :   Edisupriadi.

Action Pertama, Satgas Penanggulangan Banjir di Rohil Lakukan Penggalian Parit 3