Pemprov Riau Siap Hibahkan Pelabuhan Roro Dumai ke Kemenhub

Pekanbaru4872 Dilihat
banner 468x60

PEKANBARU, lintasbarometer.com

banner 336x280

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau berencana menghibahkan Pelabuhan Roll On Roll Off (Roro) Dumai ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Hal itu untuk percepatan pembangunan Pelabuhan Roro Dumai-Malaka, yang telah diwacanakan Pemprov Riau beberapa tahun lalu.

“Untuk Pelabuhan Roro Dumai-Malaka diminta Menteri Perhubungan agar pelabuhan yang saat ini aset milik provinsi dapat dihibahkan ke Kemenhub,” kata Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar usai rakor percepatan pembangunan infrastruktur bersama kementerian terkait yang dipimpin Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, Rabu (28/7/2021) di Gedung Daerah Riau, jalan Diponegoro Pekanbaru.

Atas permintaan itu, Gubri mengaku langsung menyetujui jika aset Pemprov Riau diserahkan ke Kemenhub RI dalam rangka percepatan pembangunan pelabuhan Roro Dumai-Malaka.

“Saya langsung setujui, langsung saya jawab kami menyetujui dengan hibah, dan pak Menteri Perhubungan mengatakan, kalau pelabuhan Roro Dumai-Malaka dihibahkan langsung kami kerjakan (dibangun),” cakapnya.

Untuk diketahui, rencana pembangunan pelabuhan Roro Dumai-Malaka sejak Gubernur Riau Rusli Zainal waktu itu, namun hingga saat ini rencana tersebut tidak terwjud dengan berbagai persoalan yang dihadapi.***

banner 336x280