Kades Sontang,, Targetkan Vaksinasi Covid 19 Warga Desa Sontang Terbanyak di Rohul

Kades Sontang,, Targetkan Vaksinasi Covid 19 Warga Desa Sontang Terbanyak di Rohul 2
ROHUL, lintasbarometer.com

Upaya mendukung program vaksinasi Covid 19 secara nasional termasuk di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Kepala desa (Kades) Sontang Kecamatan Bonai Darussalam tergetkan pelaksanaan vaksinasi di desanya terbanyak di Rohul.

Itu disampaikan Kades Sontang Zulfahrianto.SE saat pertemuan dengan Kepala UPTD Puskesmas Bonai Darussalam Maradona Ritonga, Selasa (6/7/2021), membahas jadwal dan rencana vaksinasi 7000 warga Sontang.

Zulfahrianto yang juga ketua Asosiasi Pemetintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Rohul menambahkan, pelaksanaan vaksinasi dijadwalkan dimulai Rabu 7 Juli 2021 yang akan dipusatkan di halaman kantor Desa Sontang.

“Kita targetkan 90 persen dari 7000 lebih warga nantinya divaksinasi, kita sudah berkoordinasi dengan Kepala UPTD Puskesmas Bonai Darussalam. Seluruh warga sudah didata untuk divaksinasi, dan kita juga sudah sampaikan ke seluruh perangkat desa agar mengimbau warga ikut vaksinasi,” jelas Zulfahrianto.

Zulfahrianto yang akrab disapa Anto Sontang, berharap warganya datang ikut vaksinasi. Hal itu upaya menekan penyebaran Covid 19 khsusnya di Desa Sontang walaupun saat ini desanya masih berada di zona hijau.

“Selain mensukseskan program pemerintah, kita harapkan masyarakat Sontang sudah terlindungi dan jangan takut divaksin karena aman. Apalagi kini semua warga diharuskan divaksinasi bentuk upaya agar Covid 19 segera hilang,” ungkap Zulfahrianto.

Diakui Kepala UPTD Puskesmas Bonai Darussalam Maradona Ritonga, pihaknya siap memfasilitasi pelaksanaan vaksinasi yang akan dilaksanakan di Sontang. Baik tenaga untuk vaksin serta siapkan vaksin dosis 2 sebanyak 75 vial atau untuk vaksin 750 warga.Bila masih kurang vaksin, pihaknya akan ajukan tambahan vaksin ke Dinas Kesehatan Rohul.

“Pelaksanaan vaksinasi dosis I sudah dilaksanakan, kini pelaksanaan vaksinasi dosis II. Ditargetkan 7000 warga yang akan divaksin termasuk 2300 lansia, dan di dosis I sudah menjangkau 1300 lebih warga divaksin,” ungkap Maradona.

Dari informasi Maradona, untuk Kecamatan Bonai Darussalam masyarakat yang terkonfirmasinl Covid 19 berjumlah 26 orang, meninggal dunia 1 orang, 1 yang masih jalani isolasi mandiri sedangkan 24 sudah sembuh. Kecamatan Bonai Darussalam sendiri kini berada di zona kuning penyebaran Covid 19.

Di tempat terpisah, Camat Bonai Darussalam Setyono.S.Sos, menyatakan sangat mendukung program vaksinasi massal bagi 7000 lebih warga yang dipelopori Kades Sontang.

“Kita berterima kasih kepada Kades Sontang, atas inisiatifnya sudah programkan vaksinasi massal bagi warga. Berharap dengan adanya vaksinasi yang akan digelar, maka masyarakat akan terlindungi dari penyebaran Covid 19, juga sudah mendukung program pemerintah,” sebut Camat Bonai Darussalam. (NS/Rls)

Kades Sontang,, Targetkan Vaksinasi Covid 19 Warga Desa Sontang Terbanyak di Rohul 3