Kasus Covid-19 Masih Tinggi, Kadiskes Riau Sarankan Tempat Wisata Tidak Dibuka Dulu

Kasus Covid-19 Masih Tinggi, Kadiskes Riau Sarankan Tempat Wisata Tidak Dibuka Dulu 2

PEKANBARU, lintasbarometer.com

Mengingat saat ini kondisi Covid-19 di Riau masih tinggi, Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Riau, Mimi Yuliani Nazir mengharapkan supaya tempat wisata untuk tidak dibuka dulu. Apalagi jika Protokol Kesehatan (Prokes-nya) tidak terkontrol dengan baik.

“Kalau melihat kasus saat ini, tempat-tempat wisata di Riau mending jangan dibuka dulu. Terlebih sekarang seluruh daerah di Riau masih berstatus zona orange,” menurut Mimi, Selasa (6/7/2021).

Memang, sambungnya, zona orange ini ada beberapa yang diperbolehkan untuk membuka tempat wisata. Tergantung bagaimana kondisi di daerah masing-masing.

“Tetapi menurut saya, sepanjang kasus corona masih tinggi, tempat wisata jangan dibuka dulu. Karenakan tempat wisata sifatnya mengumpulkan orang banyak, dan sekarang kita tengah menimalisir masuknya orang luar ke Riau, apalagi yang berasal dari daerah yang penularan Covid-19-nya tinggi, supaya kasus positif di Riau tidak ikut meningkat,” jelasnya.

Ia menegaskan, intinya saat ini harus menghindari kerumunan. Ia juga meragukan apa bisa tempat wisata tersebut menerapkan prokes dengan baik dan disiplin, serta menjamin pengunjung patuh prokes.

“Selama inikan semua orang berdalih akan melaksanakan prokes dengan baik, tetapi kenyataannya berbeda. Apalagi tempat wisata, setelah pengunjung masuk ke tempat wisata tersebut, prokes tidak terkontrol. Malah banyak orang yang abai akan prokes,” pungkasnya.

Disamping itu, Mimi juga mengimbau seluruh masyarakat Riau untuk tidak mengabaikan prokes, terutama selalulah menggunakan masker, dan hindari tempat-tempat yang sifatnya mengumpulkan orang banyak supaya tidak terjadi kerumunan yang bisa mengakibatkan terjadinya penularan Covid-19. (Hr/Lbr)

Kasus Covid-19 Masih Tinggi, Kadiskes Riau Sarankan Tempat Wisata Tidak Dibuka Dulu 3