DPR Minta Sri Mulyani Pangkas Belanja Kementerian dan Pemda untuk Tangani Corona

Nasional8236 Dilihat
banner 468x60

JAKARTA, lintasbarometer.com

banner 336x280

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati diminta untuk kembali memangkas anggaran belanja kementerian/lembaga (K/L) dan mengalihkannya untuk penanganan COVID-19 di semester kedua 2021 ini.

Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Said Abdullah mengatakan, hal itu lantaran kasus positif dan kematian yang diakibatkan COVID-19 terus melonjak naik. Tak hanya itu, pemangkasan anggaran juga seharusnya diikuti oleh pemerintah daerah (pemda).

“Saya kira, refocusing anggaran ini tidak hanya pada belanja K/L, tetapi juga anggaran pemerintah daerah (pemda). Karena itu, saya minta Pemda juga ikut memikul beban, agar anggarannya juga dipotong,” ujar Said dalam rapat kerja, Selasa (6/7).

Menurut dia, pemotongan anggaran K/L maupun Pemda ini tak lagi bisa dihindari dan bersifat mendesak. Apalagi, perkembangan COVID-19 ini sangat ini mengkhawatirkan, sehingga membutuhkan anggaran yang sangat besar untuk memutus mata rantai penyebaran virus mematikan ini.

“Mencermati perkembangan terkini atas keadaan bangsa kita, pada awal semester II tahun 2021 menunjukkan tren peningkatan yang sangat drastis. Untuk itu, perlu penguatan dari sisi anggaran, termasuk pemotongan sejumlah anggaran, baik itu K/L maupun Pemda,” jelasnya.

Selain pemotongan anggaran K/L maupun Pemda, Said menegaskan beberapa pos anggaran yang kurang prioritas dan belum ditenderkan juga bisa dipotong. Demikian juga dengan anggaran belanja perjalanan dinas, anggaran konsumsi rapat, anggaran belanja modal yang tidak berdampak pada masyarakat, belanja alat tulis kantor, dan penghematan belanja listrik karena sebagian besar WFH harus direfocusing juga.“Termasuk anggaran belanja yang mengalami pemblokiran, serta Saldo Anggaran Lebih (SAL) tahun 2020,” terangnya.Hasil refocusing anggaran belanja tersebut nantinya bisa dialokasikan untuk mempercepat program vaksinasi COVID-19. Selain itu, juga bisa dipakai untuk memperbanyak layanan fasilitas kesehatan, sarana dan prasarananya tenaga medis yang mampu menampung lonjakan pasien COVID-19.Lebih lanjut, Said mengatakan bahwa hasil pemangkasan anggaran ini hendaknya digunakan untuk memperbesar alokasi dan memastikan tambahan bansos, bantuan sosial produktif bagi ultra mikro dan kelanjutan program restrukturisasi kredit bagi para pelaku UMKM.“Dan juga untuk bantuan modal kerja dan transformasi bisnis secepatnya menuju layanan daring,” tambahnya. (Kumparan)
banner 336x280