Mudahkan Perbaikan Pendangkalan Danau dan Sungai, Anggota DPRD Rohul Budiman Usulkan Pemkab Beli Excavator Ampibi

Mudahkan Perbaikan Pendangkalan Danau dan Sungai, Anggota DPRD Rohul Budiman Usulkan Pemkab Beli Excavator Ampibi 2

ROHUL, lintasbarometer.com

Anggota DPRD Rokan Hulu (Rohul), Budiman Lubis dari Komisi III Fraksi Gerindra, usulkan Pemkab Rohul melalui OPD terkait yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menganggarkan pengadaan pembelian 1 unit alat berat excavator ampibi long amp.

Usulan pembelian 1 unit excavator ampibi long amp, diakui Budiman Lubis Rabu (30/6/3021), sangat perlu dilakukan Pemkab Rohul hal itu upaya memudahkan perbaikan atau pengerukan pendangkalan pada danau dan sungai.

“Alat berat axcavator ampibi long amp nantinya bisa dimanfaatkan mengeruk dasar danau atau sungai yang sudah terjadi pendangkalan. Alalagi di Rohul ada terdapat sejumlah danau atau bendungan termasuk sungai,” kata Budiman Lubis.

Dengan adanya excavator ampibi, Budiman berharap kedepannya sungai atau danau yang butuh pengerukan karena terjadi pendangkalan bisa dilakukan setiap saat.

“Kita juga melihat, danau di Rohul banyak terjadi pendangkalan, juga di sungai pendangkalan yang berdampak beberapa turap penahan tebing di Daerah Aliran Sungai (DAS) roboh, karena luapan air sungai. Bila sungai didalamkan dengan cara dikeruk lagi dengan alat berat yang kita miliki, maka air akan mengalir dengan baik di aliran sungai,” ucap Budiman menambahkan.

Budiman berharap, usulannya bisa direalisasikan Pemkab Rohul, karena itu merupakan salah satu sarana penunjang yang dibutuhkan dalam memperbaiki aliran sungai serta menjaga danau yang berfungsi sebagai saluran irigasi untuk pertanian.

“Dengan selalu dijaganya danau dan sungai, juga mencegah banjir. Apalagi Rohul daerah yang selalu rawan banjir disaat curah hujan tinggi,” kata Budiman lagi. (nst/Awi)

Mudahkan Perbaikan Pendangkalan Danau dan Sungai, Anggota DPRD Rohul Budiman Usulkan Pemkab Beli Excavator Ampibi 3