Pelabuhan BSL Bengkalis Kembali Beroperasi, Penumpang Tujuan Kepri Wajib Rapid Antigen

Pelabuhan BSL Bengkalis Kembali Beroperasi, Penumpang Tujuan Kepri Wajib Rapid Antigen 2

BENGKALIS, lintasbarometer.com

Pelabuhan Bandar Sri Laksamana (BSL) Bengkalis Rabu (19/5/2021) kembali beroperasi setelah sempat tutup karena adanya larangan mudik beberapa waktu lalu. Khusus untuk penumpang yang berangkat menuju Kepulauan Riau, diwajibkan mengantongi hasil rapid antigen.

Pantuan di lapangan, penumpang yang datang di Pelabuhan Bengkalis terlebih dahulu dilakukan pendataan oleh petugas UPT Pelabuhan bersama Kesehatan Pelabuhan. Mereka didata sebelum meninggalkan pelabuhan pemeriksaan surat hasil rapid tes antigen.

“Kita memeriksa surat hasil rapid antigen bagi yang berasal dari luar Provinsi Riau. Pendataan dilakukan dengan dua cara, pertama cara manual dengan pencatatan dilakukan petugas pelabuhan,” ujar Kepala UPT Pelabuhan BSL Bengkalis Syafrizam.

Cara kedua, sambung Syafrizam, bagi yang memiliki android pendataan dilakukan dengan menggunakan aplikasi EHAC Kementerian Kesehatan. Cukup dengan melakukan scan barcode database penumpang terdata termasuk surat hasil rapid tes.

Dikatakan, pada hari pertama kembali beroperasi ada dua armada kapal Dumai Line yang masuk pelabuhan BSL berasal dari Dumai berlayar menuju Kepulauan Riau.

“Pagi tadi masuk Kapal Dumai Line 9 dan Dumai Line 12 berangkat dari Dumai, singgah di BSL tujuan Kepulauan Riau. Siang juga ada dua armada yang bersandar di BSL dari Kepri tujuan terakhir Dumai, dua armada ini Dumai Line 1 dan Dumai Line 8,” katanya.

Sejauh ini dengan mulai beroperasinya kapal domestik jumlah penumpang yang berangkat cukup ramai. Seperti pagi tadi dari Bengkalis ada sebanyak 120 orang yang naik kapal Dumai Line 9 tujuan Selat Panjang dan Kepri.

“Sedangkan kapal Dumai Line 12 tujuan sama yang datang lebih dahulu lebih kurang penumpang dari Bengkalis sebanyak 27 orang,” ujar Syafrizam.

Pada hari pertama pembukaan pelabuhan masih dalam suasana Idul Fitri, memang terjadi peningkatan keberangkatan yang signifikan dari kondisi biasanya. Rata-rata keberangkatan dan kedatangan hampir mencapai 200 penumpang lebih. (Hr/ Lbr)

Pelabuhan BSL Bengkalis Kembali Beroperasi, Penumpang Tujuan Kepri Wajib Rapid Antigen 3