Gubri Sambut Baik Program Proyek Hibah Dari MCC Amerika Serikat

Gubri Sambut Baik Program Proyek Hibah Dari MCC Amerika Serikat 2

PWKANBARU, lintasbarometer.com

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyambut baik program proyek hibah Millenium Challenge Corporation (MCC) compact II dari Pemerintah Amerika Serikat kepada Provinsi Riau, Sumatera Selatan, dan Sulawesi Utara yang berpeluang mendapatkan hibah tersebut.

Untuk diketahui bahwa proyek hibah dari MCC asal Amerika Serikat (AS) ini difokuskan kepada pembangunan infrastruktur daerah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pengentasan kemiskinan.

Ia menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan presentasi langsung ke Bappenas RI terkait program proyek hibah compact II tersebut. Melalui persentasi tersebut masukan dari Bappenas RI ini, ia mengatakan akan segera melakukan perbaikan sesuai arahan yang disampaikan.

“Tentunya kami akan sempurnakan kembali (proposal) termasuk juga masukan dari tim Bappenas RI,” ungkapnya saat rapat bersama Bappenas RI, Kementerian PU RI, tim leader MCC, dan dua Provinsi yang juga berpeluang mendapatkan hibah proyek compact II ini secara virtual di Gedung Daerah Balai Serindit, Selasa (11/5/2021).

Gubri mengungkapkan perbaikan proposal ini dilakukan agar proposal terkait proyek hibah usulan Pemprov Riau ini diharapkan akan diterima nantinya oleh pihak MCC Amerika Serikat. Apalagi ia melihat potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang cukup tinggi di Riau namun angka kemiskinan masih ada di Provinsi Riau.

Oleh karena itu, melalui hibah MCC ini juga ia berharap angka kemiskinan di Provinsi Riau dapat berkurang. Ia juga mengatakan pihaknya akan mengusulkan yang berkaitan dengan daerah pesisir. Karena daerah pesisir di Riau ini besarnya potensi pertanian, perikanan dan juga pariwisatanya namun belum didukung dengan infrastruktur yang layak.

“Kita harapkan nanti adanya pembangunan perencanaan infrastruktur yang betul-betul ini menjadi acuan baik bagi pembangunan di daerah maupun juga dari nasional,” pungkasnya.(Hr/ Lbr)

Gubri Sambut Baik Program Proyek Hibah Dari MCC Amerika Serikat 3