Sempat Melarang, Gubernur Syamsuar Kembali Izinkan Mudik Lokal

Sempat Melarang, Gubernur Syamsuar Kembali Izinkan Mudik Lokal 2

PEKANBARU, lintasbarometer.com

Sempat melarang mudik lokal antar kabupaten/kota, kini Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar kembali memperbolehkan masyarakat mudik lokal di Riau.

Awalnya, sebelum melarang, Gubernur Riau mengizinkan mudik lokal pada lebaran Idulfitri nanti namun kebijakan itu dianulir gubernur.

Berselang beberapa hari, gubernur Syamsuar kembali mengizinkan mudik lokal.

Kembali diperbolehkannya mudik lokal di dalam wilayah Provinsi Riau dibenarkan Gubri Syamsuar usai rapat dengan Forkopimda Riau di Bandara SSK II Pekanbaru, Rabu (21/4/2021).

“Mudik lokal bisa, dan masih diperbolehkan. Hal hal kalau sakit tidak boleh,” kata mantan Bupati Siak dua periode ini.

Izin mudik lokal tersebut dengan penilaian banyak mahasiswa dan pelajar di Riau sekolah di luar daerahnya ingin mau pulang kampung harus sesuai persyaratan.

“Seperti tahun lalu adik-adik dari mahasiswa, pelajar mau pulang ya kita cek antigen. Banyak santri dari pondok pesantren kita cek dulu kesehatannya, kalau sehat ya boleh pulang, dari Pekanbaru ke Kuansing,” terangnya.

Sedangkan untuk mudik antar provinsi, Gubri menyatakan mengikuti kebijakan pemerintah pusat sehingga masyarakat yang kedapatan nekat mudik akan dikarantina di tempat yang disiapkan yakni eks gedung SPN Polda Riau di Rumbai.

“Terhadap pelanggaran pada 6-17 Mei itu, kami telah mempersiapkan gedung SPN Polda Riau di Rumbai untuk karantina pendatang. Mereka diinapkan di SPN Rumbai, kabarnya di situ banyak hantunya. Jawa Timur juga begitu, Ibu Gubernur Jatim mencari tempat karantina yang banyak hantunya. Tapi intinya yang kami harapkan masyarakat tidak mudik,” terangnya.***

Sempat Melarang, Gubernur Syamsuar Kembali Izinkan Mudik Lokal 3