Pemkab Usulkan Pembangunan Jembatan Rupat

Pemkab Usulkan Pembangunan Jembatan Rupat 2

BENGKALIS, lintasbarometer.com

Pemerintah Kabupaten Bengkalis mengusulkan pembangunan jembatan yang menghubungkan pulau Rupat dengan Kota Dumai. Usulan tersebut disampaikan dengan pertimbangan semakin ramainya orang yang ingin berkunjung ke pulau Rupat sebagai destinasi wisata sejak jalan tol Pekanbaru – Dumai beroperasi.

“Bengkalis kita minta tambahan saja, tidak mengubah. Menambah pertama adalah konsep ketika tol itu sudah dibuat Pak Jokowi sampai ke Dumai, Dumai ke Rupat, orang sudah ramai. Ketika orang ingin melihat Pulau Rupat kendalanya adalah berhubungan dengan roro, tidak juga akan terpenuhi,” papar Bagus.

Hal itu disampaikan Bagus Santoso saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Riau Tahun 2022, yang berlangsung secara virtual di ruang rapat Bappeda Bengkalis, Senin (12/4/2021). Secara bersamaan pada Musrenbang yang dibuka Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution ini, juga langsung dihadiri Bupati Bengkalis Kasmarni di ruang Rapat Melati, kantor Gubernur di Pekanbaru.

Konsep pembangunan jembatan yang menghubungkan pulau Rupat – Dumai menurut Bagus Santoso sangat memungkinkan dengan cara melalui pulau-pulau kecil yang berada di depan Purnama Kota Dumai. Di depan Purnama terdapat tiga pulau kecil yakni pulau Payung, pulau Ketam dan pulau Belete. Dengan melalui pulau-pulau ini, maka jaraknya cukup dekat dan biayanya sangat terjangkau melalui APBN.

“Kita berharap bagaimana Pemprov nantinya bisa menganggarkan ini,” harap Bagus seraya menambahkan kalau Rupat sendiri sudah ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional.

Tagih Janji Gubri

Sebelum itu, Bagus Santoso juga menagih janji Gubernur Riau Syamsuar saat kampanye Pilgubri tentang pembangunan jembatan penghubung pulau Bengkalis – Sei Pakning. “Waktu kampanye ada rencana Gubernur, sebuah wacana membangun jembatan Bengkalis – Pakning untuk menghubungkan pulau Sumatera. Itu yang kita tanyakan langsung bagaimana kelanjutannya,” ujarnya.

Turut mendampingi orang nomor dua di Negeri Junjungan ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Bustami HY, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Bengkalis Heri Indra Putra, Asisten III Bidang Administrasi Umum H Tengku Zainuddin, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Bengkalis Johansyah Syafri, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bengkalis Ismail, Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Bengkalis Supardi dan Sekretaris Bappeda Rinto. (Hr/ Lbr)

Pemkab Usulkan Pembangunan Jembatan Rupat 3