Tak Jadi April, Vaksinasi Covid-19 Tahap Ketiga Dimulai Juni 2021

Nasional4832 Dilihat
banner 468x60

JAKARTA, lintasbarometer.com

banner 336x280

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, vaksinasi Covid-19 tahap ketiga akan dimulai Juni 2021.

Pelaksanaan vaksinasi ini mundur bila dibandingkan target awal yang direncanakan dimulai pada April 2021.

Sasaran vaksinasi Covid-19 tahap ketiga ini adalah masyarakat rentan yang berada di zona merah.

Menurut Nadia, mundurnya pelaksanaan vaksinasi tahap ini karena stok vaksin Covid-19 yang kian terbatas.

“Tahap ketiga baru akan kita mulai Juni Juli ya mengingat juga stok di bulan April terbatas seperti yang disampaikan Pak Menkes,” kata Nadia saat dihubungi Kompas.com, Kamis (1/4/2021).

Adapun berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor HK.02.02/4/1/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), pelaksanaan vaksinasi tahap ketiga dijadwalkan pada April 2021.

Namun, Nadia mengatakan, peta jalan pelaksanaan vaksinasi tahap ketiga bulan April digeser menjadi Juni 2021.

“Iya (geser ke Juni), ini peta jalan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Nadia mengatakan, meski penundaan pengiriman vaksin AstraZeneca berpengaruh pada pelaksanaan vaksinasi tahap ketiga, PT Bio Farma masih memiliki 23 juta bulk dosis vaksin asal Sinovac.

“Vaksin sinovac dalam bentuk bulk masih ada 23 juta dosis di Bio Farma,” ujarnya.

Sementara itu, saat ini pelaksanaan program vaksinasi nasional telah berjalan dalam dua tahap, yakni tahap pertama dan tahap kedua.

Kedua tahap ini berjalan sejak Januari hingga April 2021.

Pada dua tahapan ini, vaksinasi menyasar tenaga kesehatan, pedagang pasar, pendidik (guru, dosen, tenaga pendidik), tokoh agama, wakil rakyat, pejabat pemerintah, dan Aparatur Sipil Negara (ASN), aparat keamanan (TNI-Polri), pekerja pariwisata (petugas hotel dan petugas restoran), pelayanan publik (Damkar, BPBD, BUMN, BPJS, Kepala/perangkat Desa), pekerja transportasi publik, atlet, dan wartawan. (Kompas)

banner 336x280