Kebakaran Kilang Minyak Balongan, Tiga Tangki BBM Premium Diduga Terbakar

Nasional10978 Dilihat
banner 468x60

JAWA BARAT, lintasbarometer.com

banner 336x280

Kebakaran yang terjadi di kilang minyak Pertamina RU VI Balongan di Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat, diduga telah membakar tiga unit tangki di kilang tersebut.

Informasi yang dihimpun MPI, kebakaran terjadi sejak Senin (29/3/2021) dini hari. Kebakaran menyebabkan tiga unit tangki 42 T 301 A, B, dan C terbakar. Tangki yang terbakar adalah yang dipakai untuk menampung bagan bakar minyak (BBM) jenis premium.

Belum diketahui secara detail berapa kapasitas setiap tangki premium tersebut. Namun, kilang minyak yang dibangun pada 1993 itu memiliki kapasitas 125.000 barel per hari. Kilang tersebut mengolah minyak mentah.

Corporate Secretary Subholding Refining & PetrochemicalPT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya mengatakan, telah terjadi insiden di Kilang Pertamina Balongan yang menyebabkan terjadinya kebakaran pada tangki T-301G pada tanggal 29 Maret 2021 mulai sekitar pukul 00.45 dini hari.

“Penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti, namun pada saat kejadian sedang turun hujan deras disertai petir. Saat ini juga tengah dilakukan normal shutdown untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran,” imbuh dia.

Akibat kejadian itu sedikitnya 15 orang mengalami luka ringan dan 5 orang lainnya mengalami luka berat. Selain korban luka, sebagian warga ada yang diungsikan.

Mereka diungsikan di dua lokasi berbeda, yaitu di GOR PB dengan jumlah pengungsi sebanyak 220 orang dan Pendopo Kantor Bupati Indramayu, sekitar 300 orang. (Okezone)

banner 336x280