Pemkab Bengkalis Teken MoU Dengan Kejari Dalam Program Jaga Desa

Pemkab Bengkalis Teken MoU Dengan Kejari Dalam Program Jaga Desa 2

BENGKALIS, lintasbarometer.com

Selain membuka Bimtek, Pemerintah Kabupaten Bengkalis juga melaksanakan MoU dengan Kejari dalam program Jaga Desa, Senin (15/3/2021).

MoU yang dilakukan tersebut salah satunya yakni terkait pendampingan penggunaan Anggaran Desa yang dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi sampai tahap pelaporan surat pertanggung jawaban.

Kepala Daerah mengatakan, MoU ini sangat penting untuk dilaksanakan, agar Pemerintah Desa tidak tersandung dalam permasalahan hukum.

“Kerjasama ini penting dan strategis sebagai wadah koordinasi, konsultasi, komunikasi bimbingan dan bantuan hukum agar tidak adalagi Pemerintahan Desa yang menyalahgunakan anggaran untuk kepentingan pribadi,” ungkapan mantan Camat Pinggir itu.

Akan tetapi, lanjut Bupati Bengkalis, dengan dilakukan MoU ini segala peraturan perundang-undangan harus dilanggar, tetapi paling tidak dapat berdampak positif terhadap pelaksanaan niat baik dalam membangun Negeri Junjungan ini.

“Pemerintah Desa juga jangan takut ketika ingin menerapkan kebijakan, ikuti aturan yang ada, ikuti regulasinya. Dan ingatlah pepatah orang tua kita dahulu, berbuat baik berpada-pada, berbuat jahat jangan sekali, artinya segala ‘itikad baik kita haruslah sesuai dengan payung hukum yang ada,” tutup Bupati Bengkalis.

Hadir dalam acara tersebut Asisten Intelijen Kejati Riau Raharjo Budi Kisnanto, Ketua DPRD Bengkalis H. Khairul Umam, Kejari Bengkalis Nanik Kushartanti, Sekretaris Daerah Bengkalis H. Bustami HY, Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Sekretariat Daerah Bengkalis H. Ismail, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bengkalis Yuhelmi, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bengkalis Hadi Prasetyo, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkalis H. Imam Hakim, Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Bengkalis Supardi.

Lalu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis Edi Sakura, Kepala Dinas Kesehatan dr. Ersan Saputra, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis Hj. Martini, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Bengkalis H. Arman AA, Inspektur Kabupaten Bengkalis Rafiardi Ikhsan, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Bengkalis Djamaluddin, Kasi Intel Kejari Bengkalis Yogi Nugraha, Tenaga Ahli Bupati H. Mustafa Kamal, Camat se-Kabupaten Bengkalis, serta sejumlah Pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis. (Dsk/ Lbr)

Pemkab Bengkalis Teken MoU Dengan Kejari Dalam Program Jaga Desa 3