Tahun Ini Dishub Riau Lanjutkan Perbaikan Pelabuhan RoRo Dumai

Tahun Ini Dishub Riau Lanjutkan Perbaikan Pelabuhan RoRo Dumai 2

DUMAI, lintasbarometer.com

Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau menargetkan penyelesaian perbaikan RoRo Bandar Sri Junjungan, Purnama, Kota Dumai tuntas tahun ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dishub Provinsi Riau, Indra Putrayana kepada Awak media mengatakan, tahun lalu pihaknya telah melakukan perbaikan bagian atas RoRo Dumai itu.

“RoRo Dumai sudah mulai kita perbaiki bagian atasnya. Tahun ini kita sambung bagian tiangnya,” kata mantan Staf Ahli Gubernur Rau ini, Senin (8/3/2021).

Selain itu, lanjut Indra Putrayana, tahun ini pihaknya juga menyelesaikan Detail Enggenering Design (DED) Pelabuhan Roro Tanjung Kapal, Rupat, Bengkalis.

“Tahun kita siapkan DED-nya. Pelabuhan ini untuk mendukung destinasi pariwisata Pulau Rupat ke depan,” ujar mantan Kepala Badan Pendapatan Daerah Riau ini.

Sedangkan untuk pembangunan pelabuhan tersebut, kata Indra, membutuhkan anggaran sekitar Rp60 miliar. Namun tidak bisa langsung siap untuk membangun Pelabuhan Tanjung Kapal, dan harus dua tahun penganggaran, karena anggaran Rp60 miliar hanya untuk jembatan.

“Karena terminalnya juga kita perbaiki, dan lainnya. Kalau untuk pembangunan jembatannya kita perkirakan membutuhkan anggaran sekitar Rp60 miliar,” jelasnya.

Lebih lanjut Indra Putra menjelaskan alasan pembangunan tersebut, mengingat kondisi jembatan sudah tua sehingga dikhawatirkan roboh. Dan pihaknya juga sudah melakukan pengecekan kondisi pelabuhan.

“Jembatan Pelabuhan Tanjung Kapal sudah tua, dan harus dibangun lagi. Apalagi sekarang tonasenya tak bisa berat-berat, maksimal hanya 8 ton sampai 9 ton yang boleh lewat. Sehingga kendaraan yang mengangkut hasil pertanian masyarakat, seperti kendaraan sawit tak bisa lewat,” terangnya.

“Dan itu sudah kita buat Surat Edaran (SE) Gubernur terkait pembatasan tonase kendaraan yang boleh lewat Pelabuhan Tanjung Kapal Rupat,” tutupnya.***

Tahun Ini Dishub Riau Lanjutkan Perbaikan Pelabuhan RoRo Dumai 3