Diguyur Hujan Semalaman, Karhutla di Kabupaten Bengkalis Padam

Diguyur Hujan Semalaman, Karhutla di Kabupaten Bengkalis Padam 2

BENGKALIS, lintasbarometer.com

Hujan yang mengguyur sebagian besar Kabupaten Bengkalis Ahad 7 Maret 2021, sejak pagi hingga siang mampu memadamkan Kebakaran Hutan Lahan (Karhutla) yang terjadi belakangan ini.

“Alhamdulillah berkat hujan yang mengguyur hampir seharian ini, Karhutla di Kabupaten Bengkalis, insyaAllah sudah padam,” ungkap Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkalis Tajul Mudaris, yang melaporkan di titik kebakaran di Desa Kelemantan, Ahad 7 Maret 2021.

Untuk memastikan api benar-benar pada di titik lokasi karhutla, petugas gabungan dari unsur BPBD, TNI, Polri, Satpol PP, Manggala Agni dan masyarakat tetap melakukan patroli dan pemantauan di sejumlah titik. Pemantauan juga dilakukan melalui udara dengan menggunakan drone. Langkah ini dilakukan, karena meski sudah diguyur hujan, namun api yang sudah melahap di dalam lahan gambut masih tetap membara.

Jika ditemukan ada titik lokasi yang masih mengeluarkan asap, lantas petugas langsung menyemprot ke titik api yang masih membara. Sampai sekitar pukul 14.00 WIB petugas yang berpatroli di lapangan tidak lagi menemukan titik api di lokasi, maka Satgas Karhutla menyatakan karhutla telah padam.

Tajul Mudaris memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada petugas yang tergabung dalam Satgas Karhutla Kabupaten Bengkalis, atas kerja keras dan dedikasinya melakukan upaya pemadaman karhutla.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada teman-teman petugas yang terus berjibaku memadamkan karhutla. Semoga jerih payah payah dan kerja keras para petugas di balas dengan limpahan pahala di sisi Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa,” ungkap Tajul.

Seperti diketahui, sehari sebelumnya (Sabtu, 6 Maret 2021) Kapolda Riau Inspektur Jenderal Polisi Agung Setya Imam Effendi bersama istri Ernie Agung meninjau kebakaran lahan semak belukar dan perkebunan milik warga di Desa Kelemantan, Kecamatan Bengkalis. Bahkan sebelumnya Kapolda juga meninjau langsung upaya pemadaman karhutla di Pulau Rupat. ( Re/Lbr)

Diguyur Hujan Semalaman, Karhutla di Kabupaten Bengkalis Padam 3