Banyak Daerah di Riau Belum Dapat Signal HP, Syamsuar Minta Telkom Ambil Peran

Banyak Daerah di Riau Belum Dapat Signal HP, Syamsuar Minta Telkom Ambil Peran 2

PEKANBARU, lintasbarometer.com

Gubernur Riau Syamsuar meminta pihak PT Telkom Indonesia mengambil peran untuk menuntaskan masalah telekomunikasi di Riau. Menurut Syamsuar masih banyak daerah di Riau yang belum memiliki , sehingga terkendala dalam melakukan komunikasi jarak jauh.

Hal ini diungkapkan Syamsuar saat melakukan pertemuan dengan PT Telkom Indonesia secara virtual di rumah dinasnya, Kamis, 18 Februari 2021. “Di Provinsi Riau sendiri masih banyak daerah yang membutuhkan jaringan telekomunikasi, apalagi dengan adanya pandemi Covid-19 ini masih banyak dibutuhkan pembelajaran jarak jauh,” ujar Syamsuar dalam pertemuan itu.

Menurutnya, kondisi geografis Riau yang terdiri dari daerah dan kepulauan menjadi kendala berarti bagi daerah dalam hal kecepatan akses ke ibu kota. Di sisi lain, pemerintah tengah mengupayakan pembenahan dari sisi teknologi digitalisasi dalam hal pelayanan publik.

“Apalagi Riau terdiri dari pulau kecil dan pulau besar yang cukup luas wilayahnya, tentunya dengan telekomunikasi informasi sangat diharapkan untuk mencerdaskan anak Riau yang ada di pelosok negeri,” ucapnya.

Gubri mengungkapkan, dengan adanya pertemuan dengan pihak PT Telkom ini, nanti akan terlihat gambaran program yang akan dilaksanakan PT Telkom kedepannya di Provinsi Riau, sehingga dapat menjalin kerja sama untuk rencana Riau digital.

Menurutnya, program-program yang akan dijalankan pihak Telkom dapat didiskusikan lebih lanjut dengan OPD terkait di Pemprov Riau, sehingga ada sinkronisasi program kedepannya.

Direktur Enterprise dan Business Service (EBIS) PT Telkom Indonesia Edi Wijara menuturkan pihaknya siap bersinergi dan membantu Pemprov Riau untuk memajukan Provinsi Riau kedepannya. Edi menyebutkan, Riau sangat mungkin untuk digitalisasi sesuai dengan keinginan Pemprov Riau. Untuk itu, menurutnya PT Telkom siap untuk berkolaborasi agar masyarakat Riau bisa merasakan kemajuan digitalisasi di Riau.

“PT Telkom sudah punya banyak hal di bidang telekomunikasi. Di awal kita tidak perlu khawatir biaya sifatnya kolaboratif, dengan ini Telkom bisa maju dan Riau juga lebih maju,” ucapnya. (Bp/ Lbr)

Banyak Daerah di Riau Belum Dapat Signal HP, Syamsuar Minta Telkom Ambil Peran 3