Rumah Warga Rusak Diterjang Angin puting Beliung,Pemkab Rohul Berupaya Akan Bantu Kerugian

Rumah Warga Rusak Diterjang Angin puting Beliung,Pemkab Rohul Berupaya Akan Bantu Kerugian 2

ROHUL, lintasbarometer.com

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) akan berupaya bantu korban bencana puting beliung di Kota Tengah Kelurahan Kepenuhan Tengah, Kecamatan Kepenuhan.

Dari catatan Pemkab Rohul, hujan deras disertai puting beliung melanda Kelurahan Kepenuhan Tengah dan sekitarnya terjadi Rabu 10 Februari 2021, sekitar pukul 21.00 WIB.

Angin puting beliung rusak sekitar 80 rumah, 5 tower, 10 los pasar dan kanopi milik warga Kelurahan Kepenuhan Tengah, dengan estimasi kerugian materil sekira Rp1,5 miliar.

Bentuk responsif dan kepeduliannya, mewakili pemerintah daerah, Bupati Rohul H. Sukiman, diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si, meninjau lokasi bencana puting beliung di Kelurahan Kepenuhan Tengah, Kamis 11 Februari 2021.

Saat meninjau Abdul Haris didampingi Plt Asisten 1 Bidang Pemerintahan Setdakab Rohul Bisman, Camat Kepenuhan Gustia Hendri, Kapolsek Kepenuhan AKP Dasril, Danramil Kepenuhan, dan rombongan meninjau beberapa lokasi korban bencana puting beliung.

“Kita sudah memerintahkan petugas BPBD Rohul untuk meng-evakuasi, serta melakukan pendataan berapa jumlah rumah warga yang rusak,” jelas Abdul Haris.

Abdul Haris mengaku Pemkab Rohul akan berupaya membantu korban puting beliung di Kelurahan Kepenuhan Tengah, namun harus sesuai aturan dan skala prioritas, serta melalui pos anggaran di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohul.

“Pemkab Rohul saat ini tengah menunggu pendataan dan laporan lengkap dari Camat dan pemerintah setempat. Akan kita upayakan membantu melalui BPBD Rohul,” ujarnya.

Sekda berterima kasih dan penghargaan ke TNI dan Polri, seluruh warga, jajaran dan unsur pimpinan Kecamatan Kepenuhan yang telah bergerak cepat dalam bergotong royong membantu korban bencana puting beliung di Kelurahan Kepenuhan Tengah.

Di tempat terpisah, Camat Kepenuhan Gustia Hendri, mengaku sesuai pendataan yang dilakukan, terjangan puting beliung merusak sekitar 80 rumah warga, 5 tower, 10 los pasar atau pekanan, serta 5 kanopi.

“Kerugian materil terdampak bencana puting beliung di Kelurahan Kepenuhan Tengah lebih kurang Rp.1,5 miliar,” sebut Gustia.

Selain rumah warga rusak, tambah Gustia Hendri, puting beliung juga merusak fasilitas umum, seperti gedung pertemuan di Kota Tengah, serta parkiran di Kantor Camat Kepenuhan.

Camat menambahkan, hujan deras disertai puting beliung juga menumbangkan tiang, sehingga sempat merusak jaringan listrik PLN di Kelurahan Kepenuhan Tengah dan sekitarnya.(Adv/ Pemkab Rokan Hulu)

Rumah Warga Rusak Diterjang Angin puting Beliung,Pemkab Rohul Berupaya Akan Bantu Kerugian 3