Bengkalis, Kuansing dan Meranti Belum Jalankan Vaksinasi

Bengkalis, Kuansing dan Meranti Belum Jalankan Vaksinasi 2

PEKANBARU, lintasbarometer.com

Pemerintah Provinsi Riau telah mendistribusikan vaksin Covid-19 untuk 12 kabupaten kota. Dari 12 daerah tersebut 10 daerah telah menjalani vaksinasi Covid-19, dan 3 daerah lagi yakni Kabupaten Bengkalis, Kuantan Singingi, dan Kabupaten Meranti, belum menjalani vaksinasi tahap pertama terhadap tenaga kesehatan dan tokoh masyarakat.

Dari data yang diterima Dinas Kesehatan Provinsi Riau, total tenaga kesehatan dan tokoh masyarakat yang telah divaksin sebanyak 11.151 orang. Kota Pekanbaru masih terbanyak yang menjalani vaksin sebanyak 5.251 orang, Kampar 1.156 orang, Pelalawan 807, Inhil 1.227 orang, Inhu 778 orang, Siak 600 orang, Rohul 585 orang, Rohil 628 orang, dan Kota Dumai 183 orang.

“Seluruh Kabupaten Kota, telah menerima vaksin Covid-19. Masih ada daerah yang belum divaksin, Bengkalis, Kuansing dan Meranti. Vaksinasi itu tergantung kepala daerahnya untuk memulai vaksin. 9 daerah lainnya sudah menjalani vaksinasi,” ujar Kadiskes Riau, Mimi Yuliani Nazir, Selasa (2/2/2021).

“Bisa saja mereka dalam persiapan siapa yang mau divaksin terlebih dahulu. Seharusnya memang sudah ada yang akan divaksin, tapi harus dipersiapkan lebih matang. Kalau dari kita menginginkan cepat, harusnya segera dilakukan penyuntikan,” ungkap Mimi.

Dijelaskan Mimi, untuk vaksinasi tahap kedua di tiga daerah, Pekanbaru, Pelalawan dan Kampar, masih berjalan. Dan sampai saat ini yang telah divaksin dua kali, belum ada kendala dan keluhan apapun. Namun belum semua yang menerima vaksin, karena dilakukan secara bertahap seperti vaksinasi tahap pertama.

“Vaksinasi tahap kedua masih berjalan, alhamdulillah, saya yang ikut divaksin tahap kedua aman, tidak ada gejala apapun dan tidak ada keluhan begitu juga yang lain. Tapi walaupun sudah divaksin, tetap saja patuhi protokol kesehatan dengan tetap memakai masker, dan sering mencuci tangan, juga menghindari kerumunan,” kata Mimi. (Clh/ Lbr)

Bengkalis, Kuansing dan Meranti Belum Jalankan Vaksinasi 3