20 Unit Truk ODOL Kena Tilang, Razia Gabungan di Jalan Akses Pintu Tol Pekanbaru-Dumai

Bengkalis6693 Dilihat
banner 468x60

PINGGIR, lintasbarometer.com

banner 336x280

Sebanyak 20 unit truk berukuran besar terjaring razia petugas gabungan, Rabu (27/1/2021).

Puluhan truk ini diamankan petugas saat razia gabungan yang dilaksanakan di jalan akses menuju pintu Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) di Gerbang Tol Pinggir.

Operasi gabungan yang melibatkan Dinas Perhubungan (Dishub) Riau, BPTD Wilayah IV Riau-Kepri Kemenhub, Ditlantas Polda Riau, dan Denpom I/3 Bukit Barisan, untuk penindakan truk Over Dimension dan Over Loading (ODOL).

Plt Kepala Dishub Riau Putra Indrayana mengatakan melalui Kasi Pengawasan dan Pengendalian Lalu Lintas Jalan Dishub Riau Suardi, operasi gabungan ini atas permintaan PT Hutama Karya sebagai pengelola Tol Permai.

“Tujuan operasi gabungan ini untuk meminimalisir kecelakaan di jalan Tol Permai. Sebab belakangan sering terjadi kecelakaan di jalan Tol Permai,” kata Suardi.

Truk yang terjaring razia tersebut terpaksa harus dikenakan denda tilang karena melebihi dimensi ukuran truk atau tidak standar.

“Truk-truk ini dimodifikasi pengusaha transportasi untuk meraup keuntungan, tanpa memikirkan kerusakan jalan yangbbisa disebabkan truk yang melebihi dimensi tersebut,” ujar Suardi.

Selain sanksi tilang, truk ODOL tidak diizinkan melintasi Tol Permai karena selain bisa merusak konstruksi jalan tol juga bisa menjadi penyebab kecelakaan.

“Operasi gabungan ini juga akan dilakukan secara rutin, namun untuk lokasinya akan berpindah-pindah,” kata Suardi.

Sementara itu, Branch Manager PT Hutama Karya memebarkan jika operasi gabungan ini atas dasar permintaan PT Hutama Karya sebagai pengelola Tol Permai. Razian ini dilakukan karena banyaknya laporan dari masyarakat.

Razia gabungan yang dilaksanakan di jalan akses menuju pintu Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) di Gerbang Tol Pinggir

Terkait keberadaan tol yang melebihi kapasitas melintas di tol. Sehingga membahayakan pengendara lainya.

“Sesuai rencana kita 1 bulan lalu akan dilaksanakan operasi gabungan di Gerbang Tol Pinggir. Di mana akses masuk di gerbang tol ini ramai untuk kendaraan golongan II ke atas jenis truk,” katanya.

Adapun operasi gabungan ini untuk meminimalisir kendaraan Odol masuk dalam Tol Permai.

Ini sebagai pelajaran bagi perusahaan transportasi, agar memperhatikan aspek keselamatan untuk diri sendiri dan orang lain di jalan raya dan jalan tol.

“Rencananya kegiatan ini rutin kita lakukan untuk seluruh akses pintu Tol Permai,” katanya. (TP/ Lbr)

banner 336x280